Sukses

Gaya Jokowi Nge-Vlog Bareng 2 Menteri di Proyek Tol Riau

Presiden Joko Widodo melihat perkembangan proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai yang jadi bagian tol Trans Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta Presiden JokoWidodo melihat perkembangan proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai yang jadi bagian tol TransSumatera. Hal itu terlihat dari video log Jokowi yang diunggah di internet.

Dalam video tersebut, terlihat Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno. "Kita berada di ruas tol Pekanbaru-Dumai," tutur Jokowi dalam video tersebut, Senin (31/7/2017).

Jokowi mengenakan baju merah putih dipadu jaket berwarna senada, sementara Menteri BUMN Rini Soemarno mengenakan batik dan rompi proyek, begitu juga dengan Menteri Basuki yang pakai kemeja putih dan rompi proyek. Ketiganya mengenakan helm proyek.

Jokowi mengatakan, proyek tol sepanjang 131 kilometer ini merupakan hasil kerja keras Menteri Rini, Menteri Basuki serta Hutama Karya sebagai pelaksana proyek.

Dikatakannya, medan proyek tol ini sangat sulit sehingga membutuhkan konstruksi yang berbeda-beda. Jokowi menyebutkan, sejumlah titik berupa tanah rawa, tanah humus dengan kedalaman 3 meter, juga tanah gambut.

Menteri Rini, Menteri Basuki, dan Hutama Karya yakin proyek ini akan rampung setidaknya 2 tahun lagi.

"Kalau yang di lapangan, Hutama Karya, Kementerian PU, Kementerian BUMN mengatrakan siap, ya insya Allah selesai 2019," katanya.

Di dalam video itu juga, Jokowi meminta tanggapan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman soal tol ini.

"Ini akan mengubah wajah Riau. Dengan jadinya jalan tol ini, mudah-mudahanan Riau bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak lagi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," kata Arsyadjuliandi.

Mengingat medan yang berat, Jokowi dalam kunjungannya ini menggunakan kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV) Toyota Land Cruiser berwarna hitam bernopol RI 1.

"Sudah enam bulan lamanya jalan tol Pekanbaru-Dumai di Sumatera dikerjakan dan Alhamdulillah berlangsung cepat. Dengan investasi kurang lebih Rp 15 triliun, jalan tol 131 km ini ditargetkan selesai 2019 mendatang," ujar Jokowi di akhir video.

Berikut videonya:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.