Sukses

5 Kebiasaan yang Bikin Anda Masuk Jurang Kemiskinan

Jika Anda telah berjuang dengan keuangan Anda, lihat daftar ini untuk memastikan Anda tidak jatuh dalam kebiasaan buruk ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengelola keuangan mereka. Ada yang menggunakan anggaran keuangan untuk mengatur keuangan mereka. Tetapi ada juga yang membiarkan keuangan mereka berjalan begitu saja tanpa perlu di lakukan anggaran.

Ini penyebabnya mengapa ada orang yang boros dalam keuangan dan ada orang yang dapat menyimpan uang secara baik dan benar. Bahkan jika Anda memiliki niat terbaik, Anda masih bisa menemukan masalah dengan uang Anda. Apalagi jika Anda telah jatuh ke dalam salah satu kebiasaan uang berbahaya ini.

Jika Anda telah berjuang dengan keuangan Anda, lihat daftar ini untuk memastikan Anda tidak jatuh dalam kebiasaan buruk, seperti dikutip dari The Balance, Rabu (9/8/2017):

1. Lapar mata

Pembelian impulse atau pembelian yang dilakukan hanya karena “lapar mata” atau tergiur saja. Anda melihat penjualan yang tidak ingin Anda lewatkan, atau barang yang ingin Anda dapatkan segera. Sehingga, Anda melompat untuk membelinya sebelum berpikir secara rasional apakah Anda benar-benar membutuhkan atau mampu membelinya.

2. Tak ada anggaran

Anda tidak akan pernah bisa bertahan secara finansial jika Anda tidak memiliki anggaran dan tahu bagaimana menaati. Anggaran memungkinkan Anda melihat berapa banyak uang yang Anda bawa dan ke mana semuanya berjalan. Ini memungkinkan Anda membuat perubahan yang membantu Anda menghemat lebih banyak uang setiap bulan.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Selanjutnya

3. Mengandalkan kartu kredit

Ini adalah salah satu faktor penyebab sikap hedonisme yang dimiliki. Kemudahan dan keuntungan kartu kredit memang menggiurkan. Namun hati- hati setiap transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit itu dikenakan bunga. Sehingga mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya lebih dari harga aslinya.

4. Cinta kenyamanan

Sesekali, pembelian kenyamanan bisa menjadi suguhan yang bagus, atau pengecualian yang diperlukan jika Anda terburu-buru. Tapi jika Anda mendapati diri Anda secara teratur melakukan pembelian dengan mudah, Anda hanya malas. Kenyamanan akan dikenakan biaya.

Hentikan makanan cepat saji setiap hari dan belajar untuk membuat beberapa makanan dasar dalam jumlah besar yang dapat Anda nikmati sepanjang minggu.

Berhenti membeli coffee latte mahal dalam perjalanan ke tempat kerja setiap pagi dan bangun 5 menit lebih awal untuk menyeduh secangkir di rumah. Sedikit pekerjaan ekstra di pihak Anda bisa berakhir dengan menghemat waktu Anda.

5. Kebiasaan pribadi

Ya, ini termasuk "kebiasaan buruk" seperti minum, merokok, dan berjudi. Tapi itu juga mencakup kejahatan yang kurang jelas seperti makan terlalu banyak atau menjadi seorang shopaholic. Pada dasarnya, apapun yang menggoda Anda untuk menghabiskan sejumlah besar uang yang Anda tahu seharusnya tidak Anda belanjakan. Keluar dari kebiasaan buruk dan hidup Anda, bukan hanya dompet Anda, akan lebih bahagia untuk itu. (Fransiska Wahyuning) 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.