Sukses

Keren, Ini Foto Terbaru Jalan Trans Papua yang Membelah Gunung

Jalan Trans Papua sepanjang lebih dari 3.259 kilometer ini dibangun di medan yang sulit.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta TNI bahu-membahu mengerjakan pembangunan proyek jalan Trans Papua. Kini semakin terlihat ruas jalan yang dulunya pegunungan, bukit, rawa, dan hutan.

Sekilas melihat jalan Trans Papua dari udara seperti melihat ruas jalan di luar negeri, yang dikelilingi gunung dan hutan. Bisa jadi ini adalah proyek jalan dengan medan tersulit yang pernah dibangun pemerintah.

Kenapa tersulit, karena tak hanya harus membelah gunung, hutan dan bukit, akses menuju Papua juga tak mudah ditempuh. Belum lagi, infrastruktur pendukung lain, harga material yang lebih bakal berkali-kali lipat. Namun, pada akhirnya, pembangunan bisa berjalan.

"Betapa sangat sulit, sangat sulit medan yang ada di sini. Sangat berat. Membelah belantara, naik gunung yang sangat tinggi. Inilah medan berat yang dialami baik oleh Kementerian PU maupun oleh TNI, yang bersama sama membangun jalan di Trans Papua ini," ujar Jokowi dalam Vlog-nya saat menjelajahi ruas Wamena beberapa bulan lalu.

Penasaran bagaimana ruas jalan yang akan membentang dari Sorong hingga Merauke sepanjang 3.259,45 kilometer ini? Berikut foto penampakannya yang didapat Liputan6.com dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

 

 

 

 

 

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.