Sukses

Perhatikan Hal Ini Sebelum Pinjam Uang untuk Modal Bisnis

Ada lima poin penting yang perlu dipikirkan matang sebelum memulai bisnis dengan kredit tanpa agunan (KTA).

Liputan6.com, Jakarta - Apakah saat ini Anda sedang terpikir untuk merintis suatu usaha, atau ingin menambah modal buat usaha Anda yang sedang berjalan karena kekurangan modal?

Kalau iya, salah satu cara umum untuk mengumpulkan modal adalah dengan berhemat sehari-hari dan mengumpulkan tabungan sebagai modal usaha. Namun, cara ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan Anda bisa jadi perlu modal usaha ini dalam waktu dekat.

Salah satu sumber modal yang umum selain tabungan adalah kredit tanpa agunan (KTA), yang memang cenderung cepat cair sesuai dengan jumlah yang diinginkan.

Meskipun KTA dapat membantu Anda merintis usaha, setidaknya ada lima poin penting yang perlu dipikirkan matang sebelum memulai bisnis dengan KTA, seperti dikutip dari laman laruno.com, Sabtu (12/8/2017):

1. Baca dengan teliti dan penuhi syarat aplikasi KTA

Biasanya pengajuan KTA memiliki syarat umum seperti batasan usia, jumlah penghasilan per tahun, tenor waktu cicilan, batas nilai minimal dan maksimal pinjaman, dan sebagainya. Pastikan agar Anda minimal memenuhi seluruh syarat umum tersebut sebelum mencoba untuk mengajukan aplikasi KTA.

Jika memang tidak sesuai, Anda bisa langsung mencoba ke bank lain yang menerapkan syarat umum yang dapat Anda penuhi. Jadi, Anda tidak membuang waktu menunggu konfirmasi pihak bank hingga Anda mendapat kabar ditolak.

2. Pastikan dana yang Anda pinjam pas sesuai kebutuhan

Ini juga penting. Jangan sekadar asal meminjam dana semaksimal mungkin yang diperbolehkan untuk fasilitas KTA yang akan Anda terima.
Hitung dengan baik modal awal dan biaya operasional bulan pertama sebagai dasar jumlah dana yang perlu Anda ajukan untuk aplikasi KTA.

Kalau Anda meminjam dengan jumlah asal, maka bisa-bisa Anda harus membayar biaya bunga yang lebih tinggi. Itulah gunanya Anda harus mempunyai perencanaan bisnis yang matang.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat Perencanaan Bisnis



3. Buat perencanaan bisnis

Meskipun Anda tidak memiliki latar belakang keuangan, perencanaan bisnis yang sederhana tetap perlu dibuat. Hal ini berfungsi untuk memastikan cicilan KTA dapat dilunasi setiap bulan dari omzet bisnis Anda.

Contohnya, kalau dalam perencanaan Anda pemasukan mencapai Rp 10 juta per bulan dan biaya operasional mencapai Rp 6 juta per bulan, pastikan KTA yang Anda ajukan nanti memiliki cicilan di bawah Rp 4 juta per bulan.

Dengan demikian, memiliki perencanaan bisnis yang baik akan menyelamatkan Anda dari kemungkinan tidak bisa melunasi cicilan tetap per bulan dari KTA dan ini tidak akan menyusahkan Anda nanti.

4. Rajin bandingkan bunga dari beberapa macam produk

Untuk mendapatkan biaya bunga cicilan yang paling rendah, sebaiknya Anda membandingkan biaya bunga dari beberapa produk KTA.
Tentunya Anda perlu memperhatikan juga apakah Anda sudah memenuhi syarat umum dari pengajuan aplikasi KTA di bank tersebut atau tidak.

5. Tabungan cadangan itu penting

Namanya juga bisnis, ada kemungkinan di awal-awal bisnis pemasukan Anda masih minim atau malah merugi. Kalau sudah begini, bisa-bisa Anda tidak bisa melunasi cicilan bulanan KTA.

Sebaiknya Anda memiliki tabungan persiapan untuk membayar cicilan beberapa bulan pertama KTA untuk berjaga-jaga.
Itulah beberapa cara pinjam uang untuk kelancaran bisnis Anda, ingat jika Anda sudah meminjam maka tanggung jawab Anda akan lebih besar karena Anda akan membayarkannya kembali.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik belajar.me
Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda Disini



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.