Sukses

Perumnas Jual Ribuan Rumah Murah Rp 120 Juta di Bogor, Tertarik?

Rumah murah itu dibayai menggunakan sistem KPR FLPP

Liputan6.com, Jakarta Perum Perumnas menargetkan penjualan 1.000 rumah murah atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di kawasan Cibungbulan, Bogor, Jawa Barat hingga akhir 2017. Harga rumah mulai dari Rp 120 juta sampai maksimal Rp 141 juta per unit.

Direktur Pemasaran Perumnas, Muhammad Nawir mengungkapkan, perusahaan berencana meluncurkan pemasaran rumah tapak Sentraland Dramaga Bogor di Jakarta Hall Convention Center (JHCC), Sabtu ini (12/8/2017). Paling banyak ditujukan untuk KPR subsidi dalam rangka mendukung Program Sejuta Rumah.

"Sentraland Dramaga Bogor untuk landed house, dominan untuk FLPP. Sentraland Dramaga Bogor akan di-launching pemasarannya di JHCC, Sabtu besok," kata Nawir saat berbincang dengan wartawan di Caribou Coffee, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Manajer Proyek Sentraland Dramaga Bogor Perumnas, Prima Ramadian Mulia menerangkan, rumah subsidi ini terletak di kawasan Cibungbulan, Bogor. Sekitar 30 menit dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga atau 1 jam dari Stasiun Bogor.

Di area tersebut, sambungnya, Perumnas menguasai kepemilikan lahan seluas 38 hektare (ha) yang akan dibangun perumahan hampir 3.000 unit. Terdiri dari rumah sederhana tapak, rumah sederhana, dan ruko komersial.

"Tahap I dan II tahun ini, kami ditargetkan menjual lebih dari 1.000 unit rumah. Tahap I sebanyak 620 unit rumah dan 535 unit rumah di tahap II. Itu targetnya sampai akhir 2017," Prima menjelaskan.

Ia lebih jauh menuturkan, tipe rumah yang dijual di tahap I adalah tipe 21, tipe 28, dan tipe 36 rumah sederhana tapak. Harganya berkisar Rp 120 juta sampai dengan Rp 141 juta per unit, yang merupakan harga rumah subsidi atau KPR FLPP. Tahap II pun dengan tipe rumah yang sama.

"Harga rumah di Sentraland Dramaga Bogor tipe 21 dijual Rp 120 juta, tipe 28 seharga Rp 127 juta, tipe 36/60 seharga Rp 141 juta. Itu yang rumah subsidi. Sedangkan yang ruko komersial tipe 36/72 seharga lebih dari Rp 200 juta per unit," terang Prima.

Dari target 2.400 unit rumah yang dibangun di Sentraland Dramaga Bogor, sekitar 68 persen-70 persen ditujukan untuk rumah subsidi. Sedangkan sisanya untuk ruko komersial. "Kami memang konsentrasi membangun rumah subsidi sesuai dengan penugasan dari pemerintah," katanya.

Ia bilang, rencananya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau lokasi perumahan di Cibungbulan, Bogor pada 26 Agustus mendatang.

"Akan ditinjau oleh Menteri BUMN, dan rencananya mengajak Pak Jokowi 26 Agustus ini. Makanya, kami kebut pembangunan jalan masuk untuk launching di lokasi. Karena pembeli bisa langsung pilih unit di sana," pungkas Prima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.