Sukses

Pertamina Operasikan Depot Pengisian Avtur di Bandara Tambolaka

Pasokan avtur untuk Bandara Tambolaka ini berasal dari Terminal Bahan Bakar Minyak ( TBBM) Waingapu, Sumba Timur

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui unit bisnisnya Pertamina Aviation membuka Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) baru di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya bernama DPPU Tambolaka.

Area Manager Communication and Relations Jatimbalinus Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, pengoperasian DPPU terebut untuk memenuhi kebutuhan avtur  di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam melayani energi untuk negeri.

“Keberadaan DPPU Tambolaka ini bertujuan untuk dapat mendukung kelancaran operasional penerbangan (airlines) di Bandara Tambolaka yang diharapkan dapat mengembangkan transportasi udara dari dan ke kawasan Sumba Barat, sehingga berdampak nyata kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pariwisata di kawasan Sumba Barat ini,” kata Rifky, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/8/2017).‎

Pada  tahap awal, Pertamina menyediakan beberapa sarana dan fasilitas, meliputi 1 unit kantor DPPU, 2 unit mobil refueller kapasitas 12 Kilo liter (Kl), dan 2 unit mobil bridger kapasitas 10 Kl dan 16 Kl. Total kapasitas stok avtur di Bandara Tambolaka ini sebesar 50 Kl untuk melayani 5 pesawat per hari dan kebutuhan dari TNI AU.

“Dengan dibukanya DPPU Tambolaka ini, pesawat yang menuju Bandara Tambolaka tidak perlu lagi melakukan pengisian avtur di Bandar udara keberangkatan sebelumnya (double uplift), sehingga dapat meningkatkan kapasitas jumlah penumpang dan barang dari Pesawat tersebut," papar Rifky.

Pasokan avtur untuk Bandara Tambolaka ini berasal dari Terminal Bahan Bakar Minyak ( TBBM) Waingapu, Sumba Timur, dengan menggunakan angkutan mobil bridger yang ditembuh kurang lebih 5 jam perjalanan. Di TBBM Waingapu tersedia tanki timbun dengan total kapasitas 250 Kl, untuk melayani kebutuhan di Bandara Waingapu dan Bandara Tambolaka.

Ke depan, Pertamina berencana menambah kapasitas tangki timbun guna meningkatkan ketahanan stok avtur, baik di DPPU Tambolaka maupun di TBBM Waingapu.‎

Hal ini untuk mengantisipasi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Tambolaka, sehingga membuat  frekuensi penerbangan dan kebutuhan avtur di Bandara Tambolaka meningkat.

Saat ini Bandara Tambolaka melayani penerbangan sebanyak 5 kali dalam setiap hari dari Bali, Kupang dan Ende dengan frekuensi penerbangan Garuda Indonesia 2 kali, Wings Air 2 kali, dan Lion Air 1 kali.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.