Sukses

India, Negara yang Cetak Miliarder Tiap Sebulan Sekali

Di daftar miliarder dunia, ada 101 orang kaya yang berasal dari India.

Liputan6.com, New York - Pada daftar miliarder dunia yang dirilis Forbes pada 2017, ada 101 orang kaya yang berasal dari India. Jumlah ini tentu terus meningkat dibanding tahun 2016 yang berjumlah 84 orang.

Angka itu pun menjadi rekor tersendiri bagi India. Managing Director konsultan keuangan Ahmadoff & Company asal Inggris Fakhri Ahmadov mengungkap, India mampu mencetak satu miliarder setiap satu bulan sekali.

"Ini merupakan rekor dalam sejarah. Hal ini berarti ada miliarder India yang lahir setiap 33 hari sekali," tutur Akhmadov dilansir dari Forbesmiddleeast.com, Rabu (30/8/2017).

Hal ini sejalan dengan laporan World Economic Forum. India merupakan negara pencetak miliarder terbanyak keempat di dunia. Peringkat teratas ditempati oleh Amerika Serikat, sementara China dan Jerman duduk di peringkat dua dan tiga.

Forbes melaporkan, kekayaan penduduk India ini datang dari industri ritel dan barang konsumen. Penurunan kekayaan pada generasi muda juga membuat angka miliarder negara ini terus meroket.

Ahmadoff & Company mengungkap, 70 persen miliarder India juga mendapat kekayaan lewat usaha sendiri.

"Hasil riset kami menunjukkan sebanyak 65 persen kekayaan total kekayaan India berasal dari miliarder yang merintis kariernya dari nol," tutur Akhamadov.

Selain peningkatan jumlah miliarder, India juga digadang-gadang sebagai negara yang akan mencetak banyak perusahaan rintisan atau startups. World Economic Forum dalam laporannya mengatakan, India akan memiliki 2000 startups pada tahun 2020.

Simak video menarik di bawah ini:

 

Selanjutnya

Daftar Kota sarang miliarder

Untuk dua tahun berturut-turut, Beijing mampu mengalahkan New York City sebagai kota dengan jumlah miliarderterbanyak di dunia. Hal ini sesuai dengan survei terbaru Hurun Global Rich List 2017.

Melansir Time.com, menurut perhitungan organisasi internasional Hurun, kota di China ini memiliki jumlah miliarder sebanyak 94 orang. Posisi kedua ditempati oleh New York City dengan 86 orang miliarder.

China memiliki kota dengan jumlah miliarder terbanyak. Selain Beijing, Shenzhen dan Hong Kong juga mengalami pertumbuhan jumlah miliarder yang cukup banyak. Dalam satu tahun terakhir, Shenzhen mendapat tambahan 16 miliarder baru dan duduk di peringkat empat kota paling banyak miliarder di dunia.

Total, kini ada 2.257 miliarder di dunia. Jumlah ini meningkat 69 orang dari tahun lalu dan 804 orang selama 5 tahun terakhir. China menjadi negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia, sementara Amerika Serikat duduk di peringkat kedua.

Berikut daftar kota dengan jumlah miliarder terbanyak:

1. Beijing
Jumlah miliarder: 94 orang

2. New York
Jumlah miliarder: 86 orang

3. Hong Kong
Jumlah miliarder: 71 orang

4. Shenzhen
Jumlah miliarder: 62 orang

5. Moskow
Jumlah miliarder: 59 orang

6. London
Jumlah miliarder: 55 orang

7. Shanghai
Jumlah miliarder: 53 orang

8. Mumbai
Jumlah miliarder: 42 orang

9. Paris
Jumlah miliarder: 36 orang

10. Hangzhou
Jumlah miliarder: 36 orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder