Sukses

Cara Kemenhub Antisipasi Puncak Arus Balik Libur Idul Adha

PT Jasa Marga memprediksi kenaikan volume kendaraan sebanyak 25 persen di Gerbang Tol Cikarang Utama saat puncak arus balik libur Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak arus balik libur Idul Adha 2017 terjadi pada Minggu malam, dengan total kendaraan dari arah utara dan selatan Jawa mencapai 97 ribu melalui pintu tol Cikarang Utama.

"Untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan agar tidak terjadi kemacetan panjang, telah dipersiapkan sejumlah skenario," kata Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo saat meninjau pintu tol Cikarang Utama di Cikarang seperti mengutip Antara, Minggu (3/9/2017).

Dikatakannya, sejumlah skenario yang akan dilakukan jika terjadi kepadatan adalah mengoptimalkan seluruh gardu tol sebanyak 31 gardu dari yang biasa dibuka 28 gardu.

Skenario lain adalah melakukan contra flow, di kilometer 66 sampai kilometer 33 terutama untuk mengantisipasi masuknya kendaraan dari arah tol Cipali dan Cipularang.

"Seperti diketahui, tol Cikampek ada pertemuan dari tol Cipali dan tol Cipularang sehingga kepadatan akan terjadi di tol Cikampek. Untuk itu akan kami berlakukan 'contra flow'," katanya.

Kemenhub dan PT Jasa Marga menyatakan bahwa optimalisasi tol Cikampek sudah bagus dan untuk menghindari kemacetan, sejumlah proyek pembangunan sudah dihentikan sejak pekan lalu.

Demikian juga truk angkutan barang mulai pagi ini hingga pukul 23.59 hari ini dilarang melintas tol Cikampek.

"Dengan berbagai skenario itu, kami berharap arus kendaraan masuk Jakarta dan sekitarnya akan berjalan lancar," kata Sugihardjo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Volume Kendaraan Naik 25 Persen

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi peningkatan volume kendaraan sebanyak 25 persen di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, saat puncak arus balik libur panjang Idul Adha 2017 pada Minggu 3 September 2017.

Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru Santoso mengatakan,‎ sebagai salah satu akses masuk menuju Jakarta, yang berasal dari Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

Volume lalu lintas GT Cikarang Utama pada Minggu, 3 September 2017 diprediksi sebesar 97.086 kendaraan, atau meningkat 25 persen dari lalu lintas normal yaitu sebesar 77.331 kendaraan.

"Saat puncak arus balik Idul Adha, prediksi peningkatan kendaraan yang melintas GT Cikarang Utama mencapai 25 persen," kata Dwimawan, di Jakarta, Sabtu (2/9/2017).

Dia menuturkan, Jasa Marga telah mempersiapkan antisipasi peningkatan lalu lintas di GT Cikarang Utama, dengan melakukan upaya-upaya seperti memaksimalkan 31 gardu operasional yang menuju arah Jakarta, dan pengalihan kendaraan melalui GT Cikarang Barat 2 jika terjadi antrean di GT Cikarang Utama lebih dari 1 Km.

Sementara untuk mengurai kepadatan lalu lintas setelah GT Cikarang Utama yang menuju Jakarta, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan contra flow mulai dari KM 29 hingga KM 21.

Jasa Marga terus mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta, dan selalu menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol agar dapat mempercepat waktu transaksi, serta dapatkan diskon 10 persen hingga 3 September 2017 periode shift 3.

Tonton video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.