Sukses

Tak Lolos Seleksi CPNS Kemenkumham? Lakukan 4 Hal Ini

Sebanyak 1.146.853 pelamar bersaing ketat dalam seleksi CPNS 2017 untuk memperebutkan 19.210 kursi PNS di Kemenkumham.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA) telah diumumkan.

Persaingan sengit ini pun hanya akan berhasil dimenangkan oleh sebagian orang. Beberapa pelamar sisanya, harus siap menghadapi kenyataan pahit tidak diterima dalam seleksi penerimaan CPNS 2017 ini.

Tapi Anda tak usah khawatir, ada beberapa jurus jitu agar tak larut bersedih karena namanya gagal masuk pengumuman CPNS Kemenkumham 2017. Berikut empat hal yang bisa Anda lakukan dilansir dari guardian.com, Rabu (7/9/2017)

1. Cari sisi positif

Selalu ada hikmah dibalik kejadian yang terjadi dalam hidup. Kegagalan yang Anda alami tidak sepenuhnya buruk. Justru ada sisi positif yang bisa diambil.

Contohnya, berkas-berkas sudah Anda persiapkan bisa menjadi modal untuk mendaftar di lowongan lain yang Anda inginkan. Anda juga punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri apabila kesempatan baru tiba.

2. Evaluasi

Coba evaluasi dan pelajari kekurangan yang Anda lakukan saat mendaftar CPNS 2017. Waktu yang terlampau singkat, persiapan yang tidak matang, hingga berkas yang tidak lengkap bisa menjadi alasan Anda tidak diterima ke tahap selanjutnya.

Percayalah, jika Anda mau bersabar dan mempelajari kesalahan, karir yang tepat akan datang pada waktunya.

Simak video menarik di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sibukkan diri

3. Sibukkan diri dengan kegiatan

Depresi yang timbul ketika Anda gagal diterima seleksi bisa disebabkan karena terlalu sering sering memikirkan kegagalan. Solusi terbaiknya adalah dengan banyak menyibukkan diri sehingga rasa kecewa dan sedih menjadi tak terpikirkan lagi.

Anda bisa datang ke acara-acara favorit. Mengisi waktu dengan hobi dan berkumpul bersama sahabat juga bisa jadi cara yang tepat.

 

3 dari 3 halaman

Fokuskan diri kembali

4. Fokuskan diri kembali

Jangan berlarut-larut menyesali kegagalan Anda karena tak masuk pengumuman CPNS Kemenkumham 2017. Sebaiknya segeralah fokus pada hal yang dapat membesarkan hati Anda Anda.

Evaluasi lagi, apakah Anda benar-benar cocok dengan kualifikasi yang dicari. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa sebenarnya potensi terbesar di diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti seleksi CPNS 2017 tahap kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.