Sukses

Cara Membaca Tagihan Kartu Kredit yang Benar

Berikut ini panduan mudah dan tepat membaca tagihan kartu kredit.

Liputan6.com, Jakarta - Tagihan kartu kredit yang datang setiap bulan melalui email atau surat ke rumah/kantor, selalu dipenuhi dengan angka-angka.  Isi tagihan seperti itu bisa membuat pemilik kartu kredit, khususnya mereka yang baru saja memiliki kartu kredit, bingung.

Padahal, tagihan tersebut sangat penting karena berisi berbagai informasi tentang pengunaan kartu kredit Anda. Berikut ini panduan mudah dan tepat membaca tagihan kartu kredit dari Halomoney.co.id, mengutip dari berbagai sumber:

1. Nomor Rekening Kartu Kredit

Pastikan nomor kartu kredit Anda sama dengan nomor kartu kartu Anda. Begitu pula identitas Anda di kartu kredit sama dengan identitas di dalam tagihan kartu kredit. Jangan sampai tagihan yang Anda terima adalah tagihan kartu kredit orang lain yang namanya mirip atau orang lain yang alamatnya mirip dengan alamat Anda.

2. Jenis dan Nilai Transaksi

Selanjutnya perhatian Anda beranjak ke bagian transaksi. Perhatikan jenis transaksi, nilai transaksi dan tanggal transaksi. Apakah Anda benar-benar melakukan transaksi tersebut atau tidak? Jika Anda tidak pernah melakukan transaksi tersebut, segera lapor ke bank penerbit kartu kredit.

Potensi kesalahan lain adalah nilai transaksi di dalam tagihan lebih besar dari transaksi sebenarnya. Jika kamu masih menyimpan struk belanja, ini akan lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan.

3. Tanggal Jatuh Tempo

Perhatian berikutnya ialah tanggal jatuh tempo. Ini adalah tanggal terakhir untuk membayar tagihan yang ada di dalam surat/email tagihan. Tanggal jatuh tempo ini sangat penting bagi pemilik kartu kredit. Sebab, jika Anda membayar setelah itu, Anda akan terkena bunga kartu kredit dan juga denda.

Sebaliknya, jika Anda membayar penuh semua transaksi di kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo, Anda tidak akan terkena bunga kartu kredit.

Dengan catatan, tagihan tersebut bukan sisa tagihan sebelumnya, melainkan tagihan yang dilakukan pada bulan yang sama saat Anda menerima tagihan kartu kredit.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Pembayaran Minimum

Pembayaran minimum berdasarkan total tagihan kartu kredit Anda, dan inilah jumlah paling sedikit yang Anda boleh bayar. Persentase minimum sudah ditentukan sebelumnya.

Sebaiknya Anda tidak menjadikan pembayaran minimum ini sebagai acuan Anda dalam membayar tagihan sebab Anda akan terkena denda dan bunga kartu kredit sehingga utang Anda tidak akan selesai dalam waktu cepat.

5. Tagihan Bulan Ini

Tagihan bulan ini maksudnya, semua transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit dari setelah tanggal penagihan bulan lalu hingga tanggal penagihan bulan ini.

Transaksi dalam mata uang asing akan otomatis ditukarkan ke rupiah. Anda harus teliti membaca rincian transaksi untuk memastikan bahwa semuanya benar.

3 dari 3 halaman

6. Ringkasan tagihan

Ini adalah ringkasan atau rangkumah dari semua transaksi kartu kredit Anda, termasuk semua pembayaran yang telah dilakukan. Perhatikan pembayaran yang telah Anda bayarkan. Jika ada pembayaran yang belum masuk dalam ringkasan ini, segera beritahukan bank.

Baca juga: Mau Punya Kartu Kredit Mandiri, Klik Di Sini
7. Saldo akhir

Ini adalah jumlah total tagihan kartu kredit Anda, termasuk tagihan yang belum terbayarkan dari bulan yang sudah lewat. JIka Anda sering membayar tagihan minimum, sisa tagihan bulan lalu berikut denda dan bunganya akan muncul di sini. Sebeliknya jika Anda langsung membayar penuh setiap transaksi, saldo akhir hanya memuat tagihan terbaru saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.