Sukses

Perbaikan Taxiway Hang Nadim Tunggu Hasil Uji ITB

Perkiraan dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki taxiway di Bandara Hang Nadim mencapai Rp 2,2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Pengelola Bandara Hang Nadim di Batam masih menunggu hasil uji tanah dari Institut Teknologi Bandung (ITB), untuk menentukan langkah perbaikan taxiway yang amblas.

Direktur Operasional Bandara Hang Nadim, Suwarso mengatakan, ‎saat ini terdapat tiga bagian taxiway, yaitu Alpha, Bravo, dan Charlie. Adapun landasan pacu yang amblas adalah bagian bravo. "Ada taxiway alpha, bravo, charlie. Yang rusak bravo saja, yang lain baik," kata Suwarso, di Bandara Hang Nadim, Batam, Senin (25/9/2017).

Menurut Suwarso, amblasnya taxiway tersebut kini sedang dalam penelitian. Langkah ini bertujuan untuk menentukan penanganan yang tepat. Hasil penelitian ditargetkan selesai dalam dua bulan.

Ada dua kemungkinan perbaikan pada taxiway tersebut, yakni dengan ditutup menggunakan beton atau pelat baja.

"Ini sudah kita lakukan sambil kita menunggu hasil tes oleh ITB, apakah bisa tidak lagi dengan pelat baja tapi dengan beton. Apabila usulan ini sudah diiyakan maka akan segera kita lakukan," ungkap dia.

‎Suwarso menyebutkan, perkiraan dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki taxiway bravo mencapai Rp 2,2 miliar. Upaya menghindari kerusakan lebih parah, saat ini sudah dibuat saluran pada taxiway.

"Kita memitigasi dulu membuat saluran agar kalau hujan aliran air tidak tersumbat agar tidak ada kejadian. Kejadian yang lebih parah," dia menandaskan.

Taxiway Bandara Hang Nadim Batam‎ amblas sejak 9 Agustus 2017, dengan ukuran 12X5 meter.

Tonton Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.