Sukses

Harga Premium dan Solar Subsidi Tak Naik hingga Desember 2017

Pertamina menanggung beba‎n Rp 12 triliun akibat belum disesuaikannya harga BBM Solar subsidi dan Premium.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar bersubsidi tidak mengalami perubahan pada periode tiga bulan ke depan. Keputusan ini mempertimbangkan kemampuan daya beli masyarakat.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial mengatakan, harga ‎Premium dan Solar subsidi sampai akhir tahun tak berubah. Dengan begitu, harga Premium penugasan di luar wilyah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) Rp 6.450 per liter dan Solar subsidi Rp 5.150 per liter.

"Belum. Masih tetap (sampai akhir tahun). Masih tetap," kata Ego, di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

"Kita harus melindungi masyarakat bawah, sama keamanan harus kesinambungan," ujarnya.

Meski Pertamina mengeluh keberatan atas selisih beban harga yang ditanggung akibat tidak ada penyesuaian harga Premium dan Solar subsidi, Ego yakin, perusahaan pelat merah tersebut masih bisa mengatasinya.

"Masih bisa di-carry. Maksudnya, Pertamina masih bisa handle," tutur Ego.

Keputusan tersebut bukan berarti pemerintah tidak peduli Pertamina, hal ini tidak bisa dilihat dari satu sisi penjualan BBM saja. Pasalnya, pemerintah memberikan Pertamina keistimewaan pada lini bisnis lain, seperti pemberian Blok Mahakam dan tujuh blok migas lainnya.

"Gini pemerintah harus melihat segala sesuatu secara komprehensif, Tidak melihat sesuatu dari sisi pemasaran BBM kecil. Pemerintah memikirkan juga dari sisi koorporasi. Gampang Blok Mahakam berapa? Pada saatnya pemerintah juga tidak tinggal diam," kata Ego.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nombok Rp 12 triliun

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menanggung beba‎n sebesar Rp 12 triliun. Hal ini diakibatkan belum disesuaikannya harga BBM solar subsidi dan Premium, dengan kondisi harga minyak dunia naik.

Direktur Utama Pertamina, Elia Massa Manik, mengatakan, akibat tidak disesuaikannya harga BBM dengan harga minyak saat ini, Pertamina harus menombok selisih antara harga pembelian di pasar dengan harga jual ke masyarakat. Selama semester I 2017, Pertamina telah menomboki Rp 12 triliun atas penjualan solar subsidi dan Premium.

"Seharusnya kita selalu kan harus memasukkan ke formula harga. Nah, itu selisihnya Rp 12 triliun," kata Elia, 7 September 2017.

Direktur Pemasaran Pertamina, M Iskandar, mengungkapkan, kondisi harga acuan BBM masih stabil, tetapi harga BBM yang ditetapkan sampai saat ini ‎masih mengacu pada harga minyak di kisaran US$ 37 per barel sampai US$ 40 per barel. Adapun harga minyak saat ini berada di level US$ 37 per barel sampai US$ 40 per barel.

‎"Sekarang stabil tapi harga crude kan sekarang di posisi US$ 55-57. Nah, penetapan harga terakhir dulu kan di posisi US$ 37-40‎," kata Iskandar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • Harga BBM