Sukses

Gunung Agung Meletus, Lion Air Group Batalkan 16 Penerbangan

Lion Air Group yang menaungi beberapa maskapai seperti Lion Air, Wings Air, dan Batik Air.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan aktifitas terkini terhadap erupsi Gunung Agung yang menyebabkan ditundanya seluruh kegiatan penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Lombok mulai sore tadi pada Minggu (26/11/2017), pukul 17.55 WITA, hingga Senin (27/11/2017) pukul 06.00 WITA.

Lion Air Group yang menaungi beberapa maskapai seperti Lion Air, Wings Air, dan Batik Air yang beroperasi melayani penerbangan dari dan menuju Bandara Lombok Praya terpaksa membatalkan sejumlah jadwal penerbangannya demi alasan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pelanggan. 

Tercatat untuk maskapai Lion Air pada hari ini (26/11/2017) membatalkan 12 nomor penerbangan yang melayani penerbangan dari dan menuju Lombok dengan destinasi Bandung, Denpasar, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya.

Sedangkan untuk maskapai Wings Air terpaksa tidak mengoperasikan 4 nomor penerbangan yang melayani penerbangan dari dan menuju Lombok dengan destinasi Denpasar dan Solo. Untuk Batik Air, penerbangan dengan nomor ID 6658 rute Jakarta (CGK) menuju Lombok telah dialihkan dan mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

“Seluruh pelanggan Lion Air Group yang terkena dampak pembatalan penerbangan tersebut dapat melakukan refund dan me-reschedule jadwal penerbangannya dengan menghubungi pelayanan call center maupun customer service Lion Air Group yang tersedia di Bandara Internasional Lombok maupun bandara – bandara asal yang menuju Lombok,” ujar Ramaditya Handoko, Corporate Communication Lion Air Group dalam keterangan tertulis.

Rama menambahkan akan terus berkordinasi dan berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait seperti penyelenggara layanan meteorologi penerbangan, penyelenggara navigasi penerbangan, pengelola bandara, otoritas bandara, serta beberapa pihak lainnya.

Hal ini tentu dilakukan bersama sama untuk tetap menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan. Di harapkan para pelanggan mengerti atas ketidak nyamanan ini karena adanya faktor alam yang terjadi dan tidak memungkinkan bagi operasional penerbangan di kawasan Bandara Internasional Lombok untuk sementara ini karena terdapat Volcanic Ash Gunung Agung di Bali.

Sementara untuk operasional penerbangan maskapai Lion Air Group di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, masih berjalan normal sesuai jadwal yang semestinya.

“Kami berharap kondisi akan kembali normal dengan segera sehingga aktivitas pelayanan penerbangan dari maupun menuju Lombok dapat berjalan kembali, dan kami akan terus menginformasikan kepada pelanggan Lion Air Group jika adanya perkembangan dan informasi terbaru terhadap hal ini. Manajemen Lion Air Group pun ber terima kasih atas tindakan yang sigap terkait hal ini dari beberapa pihak yang terkait sehingga keselamatan dan keamanan penerbangan tetap terjaga,” tutup Rama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.