Sukses

Citilink Siapkan 50.400 Kursi Tambahan buat Natal dan Tahun Baru

Penambahan kursi pada Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, naik 20 persen dibanding tahun sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Citilink Indonesia menyiapkan 50.400 kursi tambahan atau sebanyak 280 penerbangan tambahan (extra flight) ke tujuh rute terpadat, selama puncak liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, penambahan kursi tersebut merupakan antisipasi manajemen Citilink Indonesia, untuk menghadapi lonjakan penumpang‎.

Penambahan kursi pada Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, naik 20 persen dibanding tahun sebelumnya sebanyak 41.760 kursi tambahan. “Penambahan kursi di peak season ini yang akan berlangsung 21 Desember 2017 hingga 3 Januari 2018,” kata dia di Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Bebeberapa rute padat yang akan mengalami peningkatan frekuensi penerbangan adalah Malang, Denpasar, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan penerbangan ke Silangit, Sumatera Utara.

Dengan demikian selama periode libur Natal dan Tahun Baru Citilink Indonesia akan terbang 264 kali setiap harinya atau naik 8,2 persen dibanding hari biasa sebanyak 244 penerbangan.

Rute Jakarta – Malang (pp) yang biasanya terbang empat kali sehari, akan bertambah dua kali penerbangan menjadi enam penerbangan sehari. Untuk rute Jakarta– Solo (pp) dari lima penerbangan akan menjadi delapan penerbangan sehari (tambah tiga penerbangan).

Sementara untuk rute Jakarta – Denpasar (pp) yang biasanya terbang 12 kali sehari, akan bertambah dua kali penerbangan menjadi 14 penerbangan sehari. Terakhir, untuk rute Surabaya - Denpasar (pp) yang biasanya terbang tiga kali sehari, akan bertambah satu kali penerbangan menjadi lima penerbangan sehari.

Sedangkan penerbangan ke Bandara Silangit (Danau Toba) akan ditambah satu penerbangan dari sebelumnya satu penerbangan sehari menjadi dua kali penerbangan sehari.

 

Untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru, Service dan perawatan kepada seluruh armada Citilink Indonesia juga dilakukan, sehingga dapat dipastikan armada pesawat berada dalam kondisi prima dalam menyambut padatnya jadwal penerbangan pada libur Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Citilink Indonesia akan mengerahkan seluruh armadanya yang terdiri dari 50 pesawat Airbus A320, yang di dalamnya termasuk pesawat berlorong tunggal seri terbaru Airbus A320NEO yang lebih modern, memiliki tingkat kebisingan yang rendah, dan dapat hemat bahan bakar hingga 15 persen.

Selain mempersiapkan armada pesawat, Citilink juga fokus menyiapkan unit pelayanan publik dan penumpang secara maksimal. Satu unit pesawat cadangan juga siapkan.

"Bahkan di unit pelayanan kami lakukan cek kondisi dan menyiapkan tenaga bantuan layanan bagi penumpang," lanjutnya.

Manajemen Citilink Indonesia menekankan pentingnya On Time Perfomance (OTP-ketepatan waktu penerbangan) dalam setiap penerbangan, berbagai kemudahan dalam melakukan pemesanan dan pembelian tiket pesawat, proses check-in yang cepat dengan memanfaatkan teknologi internet, selain kepastian dalam memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Kemudian, untuk menghindari antrian panjang saat check in maka seluruh penumpang diimbau untuk datang dua jam lebih awal ke bandara serta mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan dalam perjalanan udara," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini