Sukses

Cegah Macet, Kemenhub Gelar Mudik Gratis Saat Lebaran

Dengan adanya mudik gratis diharapkan bisa mengurangi pemudik jarak jauh yang menggunakan sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan kembali akan menggelar mudik gratis pada musim mudik Lebaran tahun ini. Dengan adanya mudik gratis, diharapkan bisa mengurangi pemudik jarak jauh yang menggunakan sepeda motor.

"Bagaimana banyaknya angkutan motor ini kita akan kerjasama dengan Jasa Raharja untuk memudikan saudara-saudara kita menggunakan kapal, bis, secara gratis dalam jumlah yang banyak," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Minggu, (4/3/2018).

Lebaran tahun ini, dikatakan Menhub akan lebih baik. Di mana mekanisme dan cara penggunaannya sudah akan dimulai pada bulan Maret ini. Sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik.

"Kita sudah siapkan infrastruktur. Nah sekarang mekanisme dan cara penggunaannya kita akan mulai bulan ini berkoordinasi dengan stakeholders dengan kapolri dengan kita memberikan amanah pengelolaan di lapangan," imbuhnya.

Nantinya, lanjut Budi Karya, untuk kendaraan mudik gratis ini titik keberangkatan akan diperluas. "Busnya akan lebih banyak posisinya gak cuma di Ancol atau Lapangan Banteng seperti waktu itu, akan ada beberapa tempat," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses pendaftaran

Kemenhub bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menyelenggarakan mudik gratis sepeda motor dalam rangka menghadapi Lebaran 2018.

Tahun ini, dengan anggaran Rp 36,5 miliar setidaknya ada kuota 18.096 sepeda motor yang disediakan Kemenhub. Angka ini meningkat jika dibandingkan realisasi 2017 yang saat itu 15.376 sepeda motor.

Pendaftaran secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id dan dilanjutkan dengan proses verifikasi langsung peserta,berlangsung pada 9 Februari 2018 sampai dengan 24 Juni 2018.

Bagi peserta Angkutan Mudik Motor Gratis 2018 akan difasilitasi untuk dapat memesan tiket KA Penumpang maksimal untuk 3 orang, baik KA Ekonomi PSO, KA Ekonomi Non-PSO serta KA Tambahan sampai hari ke-30 penjualan KA Tambahan.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat, demi kelancaran Angkutan Motis 2018 masyarakat dapat memastikan dan merencanakan waktu perjalanan mudik dan balik dengan sebaik-baiknya, karena tiket yang dijual untuk mendukung Angkutan Motis 2018 tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah tanggal keberangkatan dan kepulangannya," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zukfikri di kantornya, pada 12 Februari 2018.

Pendaftaran Angkutan Mudik Motor Gratis 2018 dilaksanakan di 13 stasiun, yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, dan Stasiun Kiaracondong.

Pendaftaran langsung motor untuk arus balik, dilaksanakan di Stasiun persinggahan KA Motis di daerah-daerah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei sampai dengan 24 Juni 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini