Sukses

Sumur Minyak Tua Milik Pertamina EP di Langkat Terbakar

Sumur minyak tua di Langkat yang masuk dalam wilayah kerja Pertamina EP region Sumatera terbakar akibat pengambilan yang dilakukan para penambang liar.

Sumur minyak tua di Langkat yang masuk dalam wilayah kerja Pertamina EP region Sumatera terbakar akibat pengambilan yang dilakukan para penambang liar.

Sumur tua itu berlokasi di Buluh Telang Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang terbakar pada Jumat 14 Desember 2012 sekitar pukul 05.00 WIB.

Sumur yang dibor sedalam 120 meter itu digarap secara tradisional oleh penambang liar, tanpa memenuhi aturan dan norma keselamatan kerja.

Demikian penjelasan Kepala Dinas Humas dan Kelembagaan, SKMIGAS, A. Rinto Pudyantoro dalam rilisnya, Sabtu (15/12/2012).

Para penambang telah mengumpulkan minyak mentah dari sumur tersebut sebanyak 7 ton. Lalu tiba-tiba terjadi semburan yang kemudian menyambar obor (lampu penerangan).

Sebanyak 7 orang pekerja mengalami luka bakar. Dua orang korban luka ringan dilarikan ke rumah sakit umum Tanjung Pura, sementara lima orang yang mengalami luka kritis dilarikan ke rumah sakit Adam Malik Medan.

Pertamina Field Pangkalan Susu sudah menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran, namun tidak bisa masuk ke lokasi karena tidak ada akses masuk. Jarak antara jalan raya ke TKP sekitar 400 meter melalui kebun sawit yang berawa-rawa.

Pertamina EP bersama Distamben Sumut dan Langkat, serta instansi keamanan telah beberapa kali melakukan sosialisasi perihal peraturan tentang pengelolaan sumur tua dan larangan melakukan penambangan liar. (IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini