Sukses

Toyota Stop Bangun Pabrik Baru Sampai 2016 Kecuali di Indonesia

Toyota Motor Corp berencana tidak akan membuat konstruksi parbik baru selama tiga tahun mendatang. Pabrik baru yang akan dibangun hanya di Indonesia dan Thailand.

Toyota Motor Corp berencana tidak akan membuat konstruksi parbik baru selama tiga tahun mendatang. Pabrik baru yang akan dibangun hanya di Indonesia dan Thailand.

Seperti dilansir dalam laporan Nikkei, pihak Toyota mengatakan saat ini akan fokus pada penyertaan modal untuk proyek yang sudah berjalan.

Pabrik baru tidak akan dibuat sampai April 2016, kecuali untuk pengembangan yang sudah berjalan, seperti di Indonesia dan Thailand.

Keisuke Kirimoto, juru bicara produsen mobil terbesar di Asia tersebut mengatakan pihaknya fokus pada peningkatan keuntungan. Toyota juga berbagi fasilitas dengan pesaing, termasuk kontrak untuk memproduksi 50.000 mobil per tahun di Mazda Motor Corp.

"Saya tidak bisa mendiskusikan rencana bisnis kami, tapi kami menganggap penting untuk meningkatkan efisiensi investasi untuk mengamankan pertumbuhan menengah-jangka panjang," kata Kirimoto, dilansir dari Bloomberg, Senin (7/1/2013).

Tahun ini, tanggal 10 November, Toyota akan membangun pabrik mesin baru di Indonesia. Diharapkan pabrik baru tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi kendaraan, akibat meningkatnya permintaan pasar di kawasan Asia Tenggara.

"Kami tidak mengejar keuntungan jangka pendek," kata Kirimoto.

Toyota telah membuat keputusan untuk tidak terburu-buru mendirikan pabrik di negara-negara berbiaya produksi rendah seperti Meksiko. Menurut Kirimoto, menjaga kontrol ketat kualitas dalam jangka panjang jauh lebih penting.

Berdasarkan laporan Nikkei, Toyota akan memasang peralatan yang lebih efisien di pabrik-pabrik guna meningkatkan produktivitas. (EST/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini