Sukses

Penumpukan Penumpang Batavia Terbanyak di Soekarno-Hatta

PT Angkasa Pura II menyebutkan dari 13 bandara kelolaan perusahaan penumpukan terbanyak penumpang Batavia Air terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

PT Angkasa Pura II (Persero) menyebutkan dari 13 bandara kelolaan perusahaan penumpukan terbanyak penumpang Batavia Air terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Batavia Air pada 31 Januari 2013 ini, dijadwalkan melayani sebanyak 28 penerbangan datang dan berangkat dari Soekarno-Hatta, yang terdiri dari 16 jadwal kedatangan (arrival) dan 12 jadwal keberangkatan (departure).

Dari total pemberangkatan tersebut, rute tujuan terbanyak adalah penerbangan dari Surabaya dan Pontianak.

”Sejauh ini tidak ada hal-hal yang kurang baik yang terjadi, meski penumpukkan penumpang Batavia di bandara-bandara yang kami kelola sempat terjadi,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri S Sunoko, Kamis (31/1/2013).

Dia juga mengungkapkan AP II bekerja sama dengan otoritas bandara dan sejumlah maskapai dalam negeri memfasilitasi calon penumpang Batavia yang telah memiliki tiket agar tetap dapat melakukan penerbangan pada 31 Januari 2013.

Langkah ini tindak lanjut  putusan pailit Pengadilan Niaga Jakarta Pusat terhadap PT Metro Batavia selaku pengelola maskapai Batavia Air.
 
”Seluruh General Manager di seluruh kantor cabang Angkasa Pura II telah saya instruksikan untuk bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti Otoritas Bandara maupun airlines, guna memfasilitasi proses pemberangkatan calon penumpang Batavia pada hari ini. Khususnya bagi mereka yang telah memiliki tiket,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah mengalihkan jadwal penerbangan para calon penumpang Batavia yang telah memiliki tiket tersebut pada jadwal penerbangan maskapai lain.

Proses pengalihan penerbangan itu sendiri dilakukan dengan memerhatikan ketersediaan tempat duduk serta rute penerbangan yang akan digunakan.

”Sriwijaya, Mandala, Lion Air, dan lain-lain, menyatakan siap membantu para penumpang Batavia. Selain,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, selain memfasilitasi pengalihan penerbangan, pembukaan posko pelayanan informasi juga dilakukan di seluruh bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II dengan melibatkan personel Batavia Air.

Posko tersebut untuk memfasilitasi pendataan calon penumpang Batavia Air yang telah telanjur datang ke bandara dan menginginkan pengalihan penerbangan.

Dia menebutkan rute-rute reguler yang dilayani Batavia Air di Bandara Soekarno Hatta pada setiap harinya meliputi antara lain tujuan Jakarta-Pontianak, Jakarta-Jogjakarta, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Pangkal Pinang, Jakarta-Tanjung Pandan.

Selain itu, rute Jakarta-Jambi, Jakarta-Bandar Lampung, Jakarta-Padang, Jakarta-Medan, Jakarta-Balik Papan, Jakarta-Ternate, Jakarta-Palu, Jakarta-Kupang, Jakarta-Ujung Pandang, Jakarta-Ambon, serta sejumlah rute penerbangan domestik lainnya.

Sedangkan untuk rute penerbangan internasional, rute penerbangan yang dilayani Batavia Air antara lain tujuan Jakarta-Singapura dan Jakarta-Jeddah, serta Jakarta-Ryadh. (Nur)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini