Sukses

Lion Air Beli Airbus Karena Tak Mau Terlalu Bergantung ke Boeing

Lion Air tercatat telah memesan 430 unit pesawat dari Boeing. Lantas apa yang membuat maskapai penerbangan nasional ini tertarik memesan 234 pesawat tipe A320 dari Airbus?

Lion Air tercatat telah memesan 430 unit pesawat dari Boeing. Lantas apa yang membuat maskapai penerbangan nasional ini tertarik memesan 234 pesawat tipe A320 dari Airbus?

Menurut Direktur Utama Lion Air Rusdi Kirana, alasan pihaknya membeli pesawat dari Airbus adalah agar perseroan tidak hanya bergantung pada satu produsen pesawat terbang.

"Dua-duanya sama-sama bagus. Spesifikasi kurang lebih sama. Alasan utama kami memesan pesawat ke Airbus karena kami tidak ingin bergantung pada satu produsen saja," ungkap Rusdi di Toulouse, Prancis seperti dilaporkan Nurseffi Dwi Wahyuni dari Paris, Selasa (19/3/2013).

Rudi mengaku sebenarnya Lion Air sudah  tertarik untuk memesan pesawat dari Airbus sejak dua tahun lalu. "Dengan Boeing kami kenal lebih lama, jadi sembari mempelajari produk Airbus, kami signing juga dengan  Boeing," tuturnya.

Dia menjelaskan pembelian pesawat Airbus dan Boeing dilakukan untuk mendukung rencana perseroan berekspansi ke kawasan Asia Pasifik.

Setelah membentuk Malindo Airlines di Malaysia, tahun ini Lion Air juga bakal membuka satu maskapai penerbangan lagi di luar negeri.

"Untuk lokasinya, belum bisa saya sampaikan," ungkapnya.

Saat ini Lion Air tercatat telah mengoperasikan lebih dari 100 unit pesawat, di mana 84 unit pesawat buatan Boeing. Dengan pemesanan ini, berarti jumlah pesawat yang sudah dioperaiskan dan dipesan oleh Lion Air mencapai 707 unit.

"Kami targetkan bisa punya 1.000 unit pesawat. Sisanya dibeli dari mana? itu masih kami jajaki," tutur dia. (Ndw/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini