Sukses

Budi Gunadi Jabat Dirut Baru Bank Mandiri

PT Bank Mandiri Tbk resmi mengganti Dirut dari sebelumnya Zukifli Zaini ke penggantinya Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat sebagai direktur mikro dan ritel Bank Mandiri.

Nahkoda PT Bank Mandiri Tbk resmi berganti. Jabatan Direktur Utama (Dirut) yang semula dipegang Zukifli Zaini telah beralih ke penggantinya Budi Gunadi yang sebelumnya menjabat sebagai direktur mikro dan ritel Bank Mandiri.

Kepastian pergantian tersebut diperoleh dari Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo disela-sela Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri yang digelar kantor pusat perusahaan di Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Selain pengangkatan dirut baru, RUPST Bank mandiri juga memutuskan mengangkat Rudi Rubiandini yang saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Dalam proses perebutan orang nomor satu Bank Mandiri, dikabarkan pesaing terkuat Budi Gunadi Sadikin adalah wakil direktur utama, Riswinandi. "Dari calon yang tua dan muda, maka yang dipilih yang muda," ujar sumber Liputan6.com

Budi Gunadi Sadikin memulai kariernya di Bank Mandiri pada 2006 ketika dilamar menjadi direktur mikro dan ritel perusahaan. Jabatan inilah yang digenggamnya sebelum diangkat menjadi Dirut bank pemerintah dengan aset terbesar tersebut.

Sebelum masuk ke Bank Mandiri, Budi Gunadi memulai karier perbankan ketika bergabung dengan PT Bank Bali Tbk sebagai General Manager Electronic Banking. Selanjutnya karier Budi Gunadi terus menanjak dengan menjadi Chief General Manager Jakarta Region dan Chief General Manager Human Resources hingga akhir 1999.

Selanjutnya, pria kelahiran 1964 ini memulai karier barunya di perbankan asing usai bergabung dengan ABN Amro Bank Indonesia hingga akhir 2004. Posisi terakhirnya di perusahaan ini adalah Senior Vice President Director of Consumer and Commercial Banking ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia.

Pada 2004, Budi Gunadi kembali meniti karier baru di PT Bank Danamon tbk dengan jabatan Executive Vice President, Head of Consumer Banking dan Director Adira Quantum Multi Finance.

Sementara Zulfkifli Zaini menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri pada 14 September 2012 menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi menteri keuangan (Menkeu). Sebelumnya, Zulkifli menjabat sebagai direktur commercial Banking dan direktur distribusi jaringan Bank Mandiri hingga Juli 2010.

Kariernya sebagai bankir dimulai ketika Zulkifli menjadi account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) pada 1988.

Pria lulusan teknik sipil Institut Teknologi Bandung pada 1980 ini menimba pendidikan ekonomi di Washington University AS. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini