Sukses

Produsen Mobil VW Gandeng Indomobil Investasi di RI?

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, membenarkan kabar rencana investasi produsen otomotif asal Jerman Volkswagen (VW) di tanah air. Bahkan perusahaan ini dikabarkan telah mendekati calon mitra lokalnya.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, membenarkan kabar rencana investasi produsen otomotif asal Jerman Volkswagen (VW) di Indonesia. Bahkan perusahaan ini dikabarkan telah mendekati perusahaan otomotif yang bakal menjadi mitra lokalnya.

Ditemui usai membuka Gelar Batik Nasional, di kantornya, Kementerian Perindustian (Kemenperin), Hidayat, mengatakan VW sudah mendatangi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), untuk menjajaki peluang investasi yang ada. Bahkan ia menegaskan VW juga sudah menemui pihak Indomobil, sebagai mitra lokalnya.

"Iya, betul. VW sudah datang di BKPM. VW sudah ketemu Indomobil. Minggu lalu Antoni Salim ketemu saya, katanya dia baru saja menerima VW, kemungkinan mau investasi," kata Hidayat, Selasa (2/4/2013).

Sayangnya, Hidayat belum bisa membeberkan lebih jelas rencana investasi VW. Termasuk, lokasi yang dipilih produsen mobil kodok tersebut. Namun, dirinya berharap investasi dari VW tersebut bisa masuk di luar Pulau Jawa. "Saya sih inginnya di luar Pulau Jawa.  Tapi kalau untuk otomotif masih sulit, karena infrastruktur dan kelengkapannya di sini masih lebih memadai," lanjut dia.

Terkiat mitra lokal, mantan Ketua Umum Kadin Indonesia ini memperkirakan VW bakal menggandeng Indomobil. "Kalau sudah ketemu Antoni Salim berarti sudah shake hand," tukas dia.

Sebelumnya, Kepala BKPM, Chatib Basri, menyampaikan setelah Jepang masuk ke Indonesia, Amerika Serikat, dan Eropa mulai melirik Indonesia. Salau satu produsen mobil asal Jerman pun, VW, juga berencana menanamkan investasi di Indonesia. (Est/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.