Sukses

Pertamina Tuntaskan Akuisisi Saham Talisman Resources di ONWJ

PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), telah menuntaskan proses pembelian 5,0295% hak partisipasi Talisman Resources Limited di Blok ONWJ yang berada di Laut Utara Jawa.

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), telah menuntaskan proses pembelian 5,0295% hak partisipasi (participating interest/PI) Talisman Resources (North West Java) Limited di Blok ONWJ yang berada di Laut Utara Jawa.

Menurut Senior Manager Subsurface PHE ONWJ Ahmad Zailani, aksi korporasi ini meningkatkan kepemilikan hak partisipasi Pertamina di Blok ONWJ menjadi 58,2795% dan mengonsolidasikan lebih jauh usahanya untuk meningkatkan cadangan dan produksi di wilayah kerja tersebut.  

"Baru kemarin kami lakukan acara penandatanganan untuk memindahkan hak partisipasi. Kami akan rilis setelah selesai dokumen," kata kata Ahmad di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Dengan dilakukannya akuisisi kepemilikan PI, lanjut Ahmad, target produksi dan pendapatan PHE ONWJ akan mengalami peningkatan yang menunjan pertumbuhan agresif sektor hulu di Pertamina secara keseluruhan.

 PHE ONWJ menargetkan produksi minyak tahun ini sebesar 36.400 barel per hari (bph) dan gas sebanyak 193 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Melalui aksi korporasi tersebut, cadangan terbukti dan mungkin (2P) milik perseroan bertambah sebanyak 10,7 juta barel setara minyak.

Sebagai informasi, area kerja Pertamina ONWJ mencakup pulau seribu dan sekitar Eretan, Balongan Indramayu. Blok seluas 8.500 kilometer persegi tersebut telah memproduksi minyak dan gas sejak 1971. Pertamina menjadi operator lapangan migas lepas pantai tersebut sejak 2009 setelah membelinya dari perusahaan migas asal Inggris, BP.

"Kami berusaha meningkatkan produksi efisien, peralatan kami tua umurnya sekitar 40 tahun," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini