Sukses

Bitung Siap Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Pemerintah menetapkan Bitung di Sulawesi Utara sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada tahun ini. Berbagai sarana infrastruktur tengah disiapkan untuk mendukung Bitung.

Pemerintah menetapkan Bitung di Sulawesi Utara sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada tahun ini. Berbagai sarana infrastruktur tengah disiapkan untuk mendukung Bitung.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa dalam rapat koordinasi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), di Manado, Jumat malam (3/5/2013). "Ini yang kita tetapkan di rapat ini," kata dia, Jumat malam(3/5/2013).

Adapun proyek percepatan dan perluasan yang pertama dilakukan untuk mendukung Bitung sebagai Kawasan KEK adalah pembangunan jalan tol Bitung-Manado.

Menurut Hatta, lelang proyek jalan tol ini akan dilakukan dalam 2 tahap mulai Oktober 2013. "Sehingga ground breaking bisa Januari 2014," imbuh dia.

Senada dengan rencana pemerintah, Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang, mengatakan pembebasan lahan untuk jalan tol ini ditargetkan rampung akhir 2013. "Akhir tahun di Bitung sudah selesai, langsung ditender ke tahap 2," katanya.

Selain itu, Bitung juga akan dikembangkan sebagai hub pelabuhan internasional. Hatta mengatakan dengan ini Bitung dapat menghubungkan seluruh angkutan kargo dan kontainer yang masuk dari Kawasan Pasifik ke Indonesia. "Dengan begitu sislognas (sistem logistik nasional) kita bisa lebih murah," tukas Hatta.

Bitung tercatat memang memiliki potensi sebagai international global hub port, terlihat pada angkutan internasional yang melalui Bitung cukup ramai. Produk perikanan biasa keluar-masuk langsung ke Jepang, dan Vietnam.

Sedangkan untuk infrastruktur darat di Sulawesi, Kementerian Perhubungan telah siap membangun jalur  kereta api Bitung-Manado. Pemilihan ini didasarkan pada alasan lebih mudah, karena lokasi  atau rutenya sejalur dengan jalan tol yang akan dibangun.

"Kementerian Perhubungan telah oke mau membangun jalur KA Bitung-Manado.  Ini lebih simpel karena bersebelahan dengan jalan tol, sehingga pembebasan lahannya lebih mudah," terang Hatta.

Jika sesuai rencana, maka seperti yang disampaikan Sarundajang, ground breaking pembangunan jalur KA Bitung-Manado bisa dilakukan pada 16 Januari 2014. (Est/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini