Sukses

Agus Martowardojo Rencana Dilantik Jadi Gubernur BI pada 24 Mei

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi memilih Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Darmin Nasution yang habis masa jabatannya pada Rabu 22 Mei esok.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi memilih Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Darmin Nasution yang habis masa jabatannya pada Rabu 22 Mei esok. Rencananya pelantikan Agus Martowardoyo akan berlangsung pada Jum'at 24 Mei 2013.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com dari bagian humas BI, menyebutkan rencana awal pelantikan akan berlangsung pada 22 Mei bersamaan dengan habisnya masa jabatan Darmin.

Namun mengingat pelantikan harus disaksikan Ketua Mahkamah Agung (MA) yang diketahui berhalangan hadir saat itu maka pelantikan mundur.

"Sepertinya tanggal 22 Mei itu Bapak Ketua MA sedang tidak di Jakarta, tapi pastinya coba tanyakan ke MA, karena kita yang mengikuti jadwal dari MA," ujar Humas BI, Edhie Haryanto saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin malam (20/5/2013).

Seusai pelantikan, Agus akan resmi berkantor di BI. Dalam mengisi kekosongan jabatan antara tanggal 22 dan 23 Mei, Deputi Gubernur BI Hartadi akan menjadi pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bank Sentral.

Rencananya pada hari Jum'at mendatang, pengambilan sumpah Jabatan akan dilakukan Agus Martowardojo di gedung MA yang akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB.

Seperti diketahui, Komisi XI DPR akhirnya resmi menerima Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018. Mantan direktur Bank Mandiri ini akan menggantikan posisi Darmin Nasution yang jabatannya berakhir.

Kepastian penunjukan Agus Martowardojo terpilih melalui mekanisme voting yang dilakukan 54 anggota komisi XI DPR RI.

Agus Martowardojo tercatat memperoleh dukungan dari 46 anggota Komisi XI DPR. Sementara 7 anggota dewan menyatakan menolak pencalonan Agus dan 1 orang memilih abstain. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.