Sukses

Gaet Investor, OJK Bantu Promosikan Reksa Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal menggenjot promosi produk keuangan khususnya reksa dana guna menggenjot jumlah investor di pasar modal Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal menggenjot promosi produk keuangan khususnya reksa dana guna menggenjot jumlah investor di pasar modal Indonesia.

"Kami akan tingkatkan terus menerus investor di pasar modal Indonesia dengan menggenjot dan mengenalkan produk reksa dana di beberapa tempat, agar pasar modal Indonesia tidak terlalu eksklusif," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad dalam Seminar Nasional Literasi Keuangan Menuju Masyarakat Cerdas Keuangan di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Menurut Muliaman, OJK sudah berbicara dengan pelaku industri reksa dana untuk mencari terobosan guna memudahkan  masyarakat masuk industri pasar modal Indonesia. Tak hanya itu, OJK juga berjanji bakal membuat kebijakan yang mempermudah investor masuk industri pasar modal tanah air.

"Itu perhatian kami, sehingga akses masuk pasar modal bisa lebih mudah, memperkecil jumlah lot saham dan produk reksadana akan dipasarkan di berbagai tempat," katanya.

Hingga kini, OJK mengaku masih mengevaluasi berbagai kebijakan yang mempermudah akses masyarakat pada industri pasar modal Indonesia. OJK ingin melihat semua kebijakan baik dari sisi positif maupun negatif agar tidak adalah pihak-pihak yang merasa dirugikan.

Diakui Muliaman, upaya untuk meningkatkan jumlah investor memang menemui banyak hambatan. Kondisi ini diperparah dengan minimnya edukasi industri keuangan yang membuat calon investor takut masuk pasar modal Indonesia. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.