Sukses

Target Elektrifikasi PLN Terhambat Buruknya Akses Infrastruktur

PLN menargetkan rasio elektrifikasi pada akhir tahun bisa meningkat menjadi 79%. Upaya ini butuh kerjasama Pemda membangun akses jalan.

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Nur Pamudji menargetkan akan meningkatkan kebutuhan listrik di setiap pelosok Indonesia. Hingga akhir tahun, perseroan menetapkan rasio elektrifikasi bisa menembus angka 79%.

"Kalau tahun kemarin rasio elektrifikasi sudah mencapai 76%, maka dari itu kita tingkatkan hingga 79% sampai akhir tahun 2013. Dengan keadaan jaringan transmisi dan distribusi tersebut, akan menambahkan kapasitas listrik," ujar Pamudji ketika ditemui di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin (17/6/2013).

PLN berharap peningkatan rasio elektrifikasi tersebut bisa mencegah terjadinya mati lampu total yang selama ini kerap melanda kawasan Kalimantan. Untuk merealisasikan targetkan tersebut, perseroan meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kalimantan untuk dapat membangun akses jalan menuju pedesaan sehingga bisa memudahkan pemasangan transmisi.

"Kami minta Pemda Kalimantan membuat infrastruktur yang baik seperti jalan-jalan menuju pedesaan, sehingga kami bisa memasang trasmisi tersebut," ungkapnya.

Selain Kalimantan, PLN juga mengakui sulitnya akses masuk listrik ke sejumlah kawasan di Nusa Tenggara Timur dan Papua akibat dukungan infrastruktur yang masih sangat minim dan kurang terjangkau.

"Mati lampu yang terjadi di Kaltim karena terjadi gangguan gardu listrik induk. Tapi kami sudah amankan kejadian tersebut, maka dari itu pemda haruslah bekerja dengan baik, agar normal lagi," jelasnya. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.