Sukses

Pemerintah Lunasi Utang Subsidi BBM ke Pertamina Rp 25 Triliun

Pemerintah berencana melunasi pembayaran utang kepada PT Pertamina (Persero) yang mencapai Rp 25 triliun.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan pemerintah berencana melunasi utang kepada PT Pertamina (Persero) yang mencapai Rp 25 triliun.

Utang tersebut merupakan dana subsidi bahan bakar minyak (BBM) di 2012. "Pemerintah akan membayar utangnya lewat dana APBN, dana tersebut akan dibayar sekitar 1-2 hari lagi," ujar dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Dia menuturkan, penyelesaian pembayaran utang ini sudah disampaikan pada saat rapat para menteri yang berlangsung Kamis (20/6/2013) di kantor pusat Bank Indonesia (BI). Rapat dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa.

Selanjutnya, menurut dia, apabila pembayaran utang telan terealisasi maka pemerintah tak lagi berutang pada Pertamina.

Pemerintah bisa membayar utangnya karena Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sudah melakukan audit mereka sehingga utang bisa terselesaikan dalam waktu cepat.

"Sudah terselesaikan audit dari BPK dan BPKP, maka dari itu utang itu akan terselesaikan," jelasnya. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini