Sukses

Lembaga Keuangan Non Bank Kian Tumbuh Berkat Jumlah Penduduk

OJK menyatakan lembaga keuangan bukan bank akan terus berkembang kedepannya seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan lembaga keuangan bukan bank akan terus berkembang kedepannya seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Kondisi ini bisa terlihat dari jumlah lembaga keuangan bukan bank mencapai 608  perusahaan di akhir 2012.

Ketua OJK, Muliaman D Hadad mengatakan, total  aset industri lembaga keuangan bukan bank saat ini mencapai Rp 1,069 triliun. Aset tersebut terdiri dari perusahaan pembiayaan Rp 341 triliun, dana pensiun Rp 155 triliun dan asuransi Rp 573 triliun.

"Data akhir tahun lalu terdapat 608 perusahaan industri keuangan non bank yang terdiri dari 200 perusahaan pembiayaan, 100 perusahaan asuransi dan reasuransi dan 308 dana pensiun," kata Muliaman di Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Mengacu pada data tersebut, menurut dia, menunjukkan pertumbuhan lembaga keuangan non bank masih akan terus meningkat seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat.

 "Permintaan asuransi jiwa akan meningkat, cover asuransi kerugian juga akan meningkat. Lembaga keuangan non bank ini akan terus mengalami peningkatan. Nilai aset juga akan terus meningkat," ungkap dia.

Karena itu untuk lebih mengembangkan industri jasa keuangan, Muliaman meminta lembaga keuangan bukan bank, agar mengelola perusahaan dengan baik, berprinsip pengelolaan good corporate governance (GCG).

"Sebab kita ingin bangun industri keuangan yang tidak hanya sehat tapi juga dikelola deng baik krn diterapkan GCG," pungkasnya. (Pew/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.