Sukses

5 Kota Bangkrut dengan Utang Terbesar Sepanjang Sejarah AS

Detroit, salah satu kota di negara bagian Michigan, Amerika Serikat mengajukan berkas pernyataan kebangkrutannya pada pengadilan Federal

Detroit, salah satu kota di negara bagian Michigan, Amerika Serikat (AS) mengajukan berkas pernyataan kebangkrutannya pada pengadilan Federal pada 18 Juli lalu.  Detroit dengan utang sebesar US$ 18 miliar atau setara Rp 184,6 triliun tersebut mengajukan permohonan perlindungan tagihan dari para kreditor.

Seperti dilansir dari Forbes, Kamis (1/8/2013), menurut ekonom senior AS di Capital Economics Paul Dales, kasus ini merupakan kebangkrutan kota terbesar sepanjang sejarah AS yang diprediksi bakal memicu perselisihan antara pengadilan dengan para kreditor.

Kejadian ini sekaligus membuka bab baru perjuangan Detroit untuk pulih setelah lama terbuai sebagai raja industri otomotif Amerika.

Status kepailitan pada Pasal 9 dalam regulasi pengaturan kebangkrutan di AS yang diajukan Detroit, dikatakan dapat menjadi benteng kota dari ancaman penyitaan akibat utang yang menggunung. Perlindungan pemerintah ini dapat membekukan perintah penyitaan dan mampu mereorganisasi utang.

Meski demikian, ternyata Detroit bukan satu-satunya kota yang mengalami kebangkrutan di AS. Sebelumnya beberapa kota di California pun mengalami hal serupa.

Berikut lima kota yang bangkrut dengan jumlah utang terbesar di AS:


1. Detroit, Michigan



Jumlah utang: US$ 18 miliar
Pengajuan status kepailitan: 18 Juli 2013
Penyebab kebangkrutan: Defisit anggaran sejak 2008, penurunan jumlah penduduk, tingginya biaya kesehatan, lonjakan utang dana pensiun, rusaknya sebagian infrastruktur kota,  dan terlalu banyak pinjaman.
 
2. Jefferson County, Alabama



Jumlah utang: US$ 4 miliar
Pengajuan status kepailitan: 10 November 2011
Penyebab kebangkrutan: Masalah sistem pembuangan limbah kota

3. Orange County, California



Jumlah utang: US$ 2 miliar
Pengajuan status kepailitan: 6 Desember 1994
Penyebab kebangkrutan: Penerapan strategi investasi  berisiko

4. Stockton, California



Jumlah utang: US$ 1 miliar
Pengajuan status kepailitan: 27 Juni 2012
Penyebab kebangkrutan: Krisis kredit perumahan berkepanjangan

5. San Bernardino County, California (2012)



Jumlah utang: US$ 500 juta
Pengajuan status kepailitan: 3 Agustus 2012
Penyebab kebangkrutan: Tingginya defisit anggaran, angka pengangguran yang tinggi dan masalah tunggakan kredit perumahan.

(Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini