Sukses

Bebas dari Lilitan Utang Bisa Bikin Anda Makin Bahagia

Memiliki utang bisa membuat Anda tidak percaya diri, berambisi bahkan merusak hubungan pribadi Anda baik dengan teman atau keluarga.

Utang merupakan kendala sendiri bagi kehidupan finansial seseorang. Dijerat utang bisa mendatangkan berbagai persoalan yang membuat hidup menjadi serba tak nyaman. Utang dapat diumpamakan seperti awan hitam yang datang dari segala penjuru langit.

Seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (6/9/2013), memiliki utang bisa membuat Anda tidak percaya diri, berambisi bahkan merusak hubungan pribadi Anda baik dengan teman atau keluarga. Tekanan yang datang dari utang bisa menganggu seluruh kebahagian hidup Anda.

Menurut Profesor Psikologi di  San Francisco State University sekaligus pendiri `Beyond the Purchase` Ryan Howell, melunasi utang dapat membuat hidup Anda bahagia. Bebas dari lilitan utang dapat menghapus rasa rendah diri dan membantu Anda mencapai tujuan hidup Anda. Proses pembayaran utang tentu juga dapat membuat Anda sehat secara finansial.

Berikut 6 alasan bebas dari lilitan utang bisa bikin hidup Anda makin bahagia:

1. Tak ada utang, tekanan hidup berkurang

Bukan hal yang aneh jika Anda memiliki banyak uang, Anda akan lebih mudah menjalani hidup. Sementara utang akan memberikan banyak tekanan, karena Anda selalu harus banyak berpikir saat mengeluarkan uang.

Dengan melunasinya berarti Anda tak perlu banyak berpikir yang bisa mengundang tekanan mental. Tanpa tekanan finansial tersebut, Anda pasti lebih bahagia.

2. Memberi perasaan lega

Melunasi utang bukan hanya soal angka. Tindakan ini bisa membebaskan Anda dari pengalaman sulit. Utang yang disertai dengan kejadian  buruk  bisa membuat perasaan Anda sakit. Membayarnya dapat mengundang perasaan lega dan hidup pun terasa lebih ringan.

3. Kebebasan mencapai target hidup lain

Saat Anda memiliki utang dalam jumlah besar sulit bagi Anda untuk mencapai banyak hal. Sejumlah mimpi yang menanti untuk dicapai jadi tidak mungkin karena langkah Anda masih terjerat utang.

Namun setelah membayar utang, biasanya banyak orang mendapat kebebasan untuk melakukan atau membeli apapun yang diinginkannya.

4. Menjadi lebih percaya diri

Krisis utang berpotensi melemahkan kepercayaan diri Anda. Seringkali Anda merasa rendah diri di depan orang lain. Namun akan beda jadinya jika Anda telah membayarnya. Anda akan lebih yakin dalam menghadapi orang lain yang datang dalam hidup Anda.

5. Jera punya utang

Setelah membayar utang, Anda tak akan mau lagi berutang setelah mengalami masa sulit yang disebabkannya. Kemampuan Anda keluar dari jeratan utang dapat menjadi pelajaran yang membuat Anda enggan berutang kembali. Manfaat lainnya,  Anda lebih bijak dalam menggunakan uang dan disiplin mengatur pengeluaran.

6. Memperbaiki hubungan dengan orang lain

Utang dapat memperparah emosi seseorang yang memilikinya. Orang-orang yang punya utang cenderung mencari pelampiasan dari kebinungannya melunasi utang tersebut.

Bahkan pasangan yang telah menikah pun bisa bercerai karena masalah keuangan yang satu ini. Namun pembayarannya dapat menambah keharmonisan keluarga dan mengurangi potensi pertengkaran dalam sebuah hubungan, baik dengan teman atau orang lain. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini