Sukses

Mobil Murah Hadir di 500 Kota Tak Cuma Jabodetabek

Menperin ingin masyarakat berpendapatan kecil dan menengah berkesempatan untuk memiliki kendaraan roda empat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan produk mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) mulai didistribusikan ke 500 kota di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dimaksudkan supaya masyarakat berpendapatan kecil dan menengah bisa membeli mobil murah.

"Jadi bukan hanya di Jabodetabek tapi juga daerah lain," ujar Menteri Perindustrian, MS Hidayat di kantornya, Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Rencana produksi LCGC, menurut dia, telah dipersiapkan sejak tiga tahun lalu dan mulai segera dilepas ke pasaran. Kendaraan ini dirancang sesuai dengan tren yang saat ini dibutuhkan masyarakat.

"LCGC sangat hemat energi dan harganya terjangkau karena kami harus memberikan hak kepada masyarakat yang berpenghasilan kecil dan menengah untuk punya mobil," ujarnya.

Terkait tudingan kehadiran mobil murah yang bakal menambah kemacetan, Hidayat mengatakan kondisi tersebut tergantung pengaturan manajemen lalu lintas.

Sementara dari sisi konsumsi bahan bakar minyak (BBM), Menteri Keuangan Chatib Basri memastikan mobil murah yang bakal meluncur di jalanan akan mengonsumsi BBM non-subsidi. "Jadi tidak ada dampaknya ke BBM yang 1subsidi," tutur dia singkat meninggalkan kantor Kemenperin. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini