Sukses

10 Mata Uang Termahal di Dunia (1)

Saat rupiah tengah kalang kabut menghadapi penguatan dolar AS, ternyata ada sejumlah mata uang yang lebih tangguh dari dolar.

Saat ini Indonesia tengah kalang kabut menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang disebabkan aksi jual besar-besaran para investor.

Bahkan Bank Indonesia sepanjang tahun ini bahkan sudah empat kali menaikkan tingkat suku bunga acuannya (BI rate) sepanjang tahun ini guna mengantisipasi pelemahan rupiah lebih lanjut.

Seperti dilansir dari Foxnews24x7.com, Sabtu (14/9/2013), meski banyak mata uang yang memiliki nilai tukar rendah terhadap dolar AS, namun ada sejumlah negara yang memiliki mata uang yang tangguh. Di negara-negara tersebut harga dolar masih berada di bawah mata uangnya.

Sebut saja Kuwait, nilai 1 dinarnya setara dengan US$ 3,51. Namun mahalnya nilai mata uang tersebut tak berarti menjadikannya sebagai pilihan investasi.

Berikut 5 dari 10 negara dengan mata uang paling mahal di dunia:


1. Dinar Kuwait

Nilai tukar terhadap dolar: 1 KWD = US$ 3,51

Di kawasan yang sedikit lebih kecil dari New Jersey, terdapat satu negara yang memiliki nilai tukar mata uang yang paling tinggi terhadap dolar.

Tahun ini, Kuwait terlibat sejumlah diskusi dengan lima kerajaan Timur Tengah lainnya untum membentuk satu mata uang baru. Mata uang Kuwait saat ini terus menguat terhadap dolar.



2. Dinar Bahrain

Nilai tukar terhadap dolar: 1 BHD = US$ 2,65

Negara kecil ini memiliki luas wilayah yang hampir setara dengan 3,5 kali luas Washington DC. Secara geografis Bahrain merupakan pusat negara-negara di teluk Persia.

Industrinya banyak tergantung pada produksi minyak, jasa keuangan, dan konstruksi. Dinar Bahrain merupakan mata uang termahal ke dua di dunia. Diharapkan nilainya akan terus stabil terhadap dolar.



3. Riyal Omani

Nilai tukar terhadap dolar: 1 OMR = US$ 2,6

Negara di wilayah pantai timur Afrika, Oman memiliki nilai mata uang sangat kuat terhadap dolar AS. Di sana 1 riyal Oman setara dengan US$ 2,6. Dengan kuatnya hubungan antar perusahaan di sana, sepertinya riyal akan terus menguat terhadap dolar.




4. Lats Latvia

Nilai tukar terhadap dolar: 1 LVL = US$ 1,89

Luas Latvisa hampir setara dengan Virginia Barat, AS. Negara ini tengah dalam proses untuk mengganti lat dengan euro yang pernah diprediksi akan menjadi mata uang resminya pada 2012 lalu.




5. Poundsterling Inggris

Nilai tukar terhadap dolar: 1 GBP = US$ 1,58

Di musim liburan seperti ini, para penduduk Inggris mengambil keuntungan dari nilai tukarnya yang bernilai tinggi. Warga Inggris ini datang ke AS di mana semua barang hanya dibayar setengah harga saja. 

Mau tahu lima mata uang lainnya yang masuk kategori 10 uang termahal di dunia? tunggu ya berita selanjutnya.. (Sis/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.