Sukses

BPK: MK Lembaga Pemerintah Pertama yang Dapat WTP

Di tengah isu operasi tangkap tangan Akil Mochtar, MK ternyata merupakan lembaga pemerintah pertama yang menerima peringkat WTP.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan Mahkamah Konstitusi merupakan lembaga pemerintah yang pertama kali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangannya. Bahkan sejak status tersebut disematkan, laporan keuangan MK tak pernah turun peringkat.

Sebagai informasi, MK kini tengah menjadi sorotan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Ketua MK, Akil Mochtar di rumah dinasnya di kawasan Widya Chandra, Jakarta. Akil ditangkap bersama empat orang dimana salah satunya adalah pejabat negara.

Terlepas dari kasus tersebut, Wakil BPK Hasan Bisri mengaku mengaperesiasi kinerja MK yang senantgiasa taat pada ketentuan BPK. Prestasi ini pun membuat BPK tidak segan-segan memberikan opini WTP pada MK.

"Tahun anggaran 2005 karena BPK pertamakali memberikan opini Kementerian/Lembaga, MK itu karena lembaga baru, aset baru, dokumen lengkap, itu relatif mudah dibanding yang bangkotan," kata  Hasan, di kantornya, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Hasan memastikan, MK selama ini tidak pernah mengalami penurunan peringkat hasil audit dari BPK. Bahkan auditor negara ini mengaku tidak pernah menemukan permasalahan laporan keuangan yang terbilang serius.

"MK ini pertama kali WTP tidak pernah turun predikatnya, relatif stabil, tidak pernah ditemukan permasalahan serius di MK," katanya. (Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.