Sukses

Tarif Tol Naik Rp 500, Jasa Marga: Bandingkan dengan Tarif Parkir

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memastikan kenaikan tarif di beberapa ruas tol dalam maupun luar kota tak mempengaruhi jumlah kendaraan.

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memastikan kenaikan tarif di beberapa ruas tol dalam maupun luar kota tak mempengaruhi jumlah kendaraan yang lalu lalang di jalan bebas hambatan milik operator tol tersebut.

"Tidak terpengaruh lah (trafik), cuma naik Rp 500 saja. Coba bandingkan sama tarif parkir baru sebentar saja sudah Rp 4.000," kata Head of External Communication Jasa Marga, Wasta Gunadi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (14/10/2013).

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengumumkan pemerintah telah memberlakukan penyesuaian tarif terhadap 13 ruas tol pada 11 Oktober 2013.

Menteri PU sudah menandatangani Surat Keputusan (SK) Penyesuaian Tarif 13 Ruas Tol tersebut pada 4 Oktober 2013.  

Ruas tol yang mengalami penyesuaian yaitu ruas Jakarta-Bogor-Ciawi, Jakarta-Tangerang, Surabaya-Gempol, Padalarang-Cileunyi, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Semarang Seksi A, B, C, Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami, Palimanan-Kanci, Lingkar Luar Jakarta, Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Tangerang-Merak, Pondok Aren-Serpong serta Ujung Pandang Seksi I dan II.

"Rata-rata jumlah kendaraan yang melintas di tol dalam kota mencapai lebih dari 500 ribu kendaraan per hari. Sedangkan trafik di tol luar kota (Cikampek) sebanyak lebih dari 350 ribu unit per hari," jelas Wasta. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.