Sukses

Silvio Berlusconi, Orang Kaya yang Sering Kesandung Skandal Seks

Dengan segala kesuksesannya, Silvio Berlusconi ternyata ia pernah terlibat banyak skandal baik seks maupun kriminal.

Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi merupakan pebisnis dan politis ternama di negaranya. Berlusconi merupakan salah satu pria terkaya dunia versi majalah Forbes. Dengan kekayaan senilai US$ 6,2 miliar, dia menempati urutan ke-194 tahun ini.

Kesuksesan bisnisnya membuat dia tertarik masuk ke dunia politik dengan mendirikan sebuah partai. Dia lalu terpilih menjadi perdana menteri Italia sebanyak tiga kali.

Dengan segala kesuksesannya, pria kelahiran 29 September 1936 ternyata ia pernah terlibat skandal. Ia harus menerima vonis penjara selama tujuh tahun akibat skandal seks-nya dengan seorang remaja berusia 17 tahun. Tak hanya dibanjiri skandal, kisah bisnisnya juga diwarnai berbagai catatan kriminal seperti penyuapan dan penggelapan uang.

Pria pemilik klub sepakbola ternama AC Milan ini ternyata juga punya kisah pahit saat seorang warga memukul wajahnya hingga berdarah.

Bagaimana sepak terjang Silvio Berlusconi dan skandal seksnya? Berikut kisah mantan perdana menteri Italia tersebut seperti dilansir dari The Biography, Silvio-Berlusconi-FC, The Guardian dan berbagai sumber lainnya, Rabu (16/9/2013):

Saat Remaja Jadi Penyanyi Klub Malam

Silvio Berlusconi lahir di Milan, Italia pada 29 September 1936. Dia dibesarkan di tengah keluarga dengan tingkat ekonomi kelas menengah.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini merupakan buah hati pasangan Luigi, seorang bankir di Milan dan Rosa Bossi. Sementara itu kedua saudaranya, Maria Antonietta Berlusconi dan Paolo Berlusconi saat ini telah menjadi pengusaha.

Penjajakan karir Berlusconi tidak diawali dengan mudah. Saat masih remaja, dia sudah mulai belajar bisnis dengan berjualan penghisap debu (vacuum cleaner).

Tak hanya itu, pemuda asal Milan ini juga tak malu-malu menjadi penyanyi di klub-klub malam. Berlusconi juga menjadi penyanyi di sejumlah kapal pesiar. Pekerjaannya tersebut dia jadikan sebagai cara membangun reputasi dan mengawali karirnya.

Sarjana hukum yang sukses jadi pebisnis real estate dan media

Setelah lulus kuliah dengan menyandang gelar sarjana hukum dari University of Milan pada 1961, Silvio Berlusconi mendirikan perusahaan konstruksi bernama Edilnord. Perusahaan ini membuatnya menjadi pengembang properti hunian di sekitar kampung halamannya, Milan.

Dia juga terlibat dalam perancangan hutan kota yang dikenal dengan nama Milano 2. Sukses di bidang real estate, pria kelahiran 1936 ini melebarkan sayap bisnisnya ke bidang media.

Bisnis media pertamanya dimulai pada 1973 saat dia terlibat dalam sebuah stasiun TV kabel untuk menyiarkan Milano 2. Dia lalu meluncurkan saluran TV kabel sendiri Telemilano pada 1974. Meski terkena hambatan regulasi jaringan komersial di Italia, Berlusconi berhasil memperluas jaringan TV-nya.

Lima tahun kemudian, dia mendirikan grup media pertamanya, Fininvest. Perusahaan tersebut memiliki sejumlah stasiun TV lokal yang tersebar di seluruh negara.

Pada masyarakat Italia, dia mengenalkan banyak acara TV asing dan veline, sekumpulan gadis penari erotis yang tayang selama program berita dan game. Saat ini pria tersebut mengendalikan tiga jaringan TV swasta di Italia lewat perusahaan utamanya bernama Mediaset.

Kerajaan bisnisnya tak hanya di bidang real estate dan media. Dia juga memiliki rumah produksi dan salah satu klub sepakbola ternama di dunia internasional, AC Milan. Tak heran, dia berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Italia dan menempati peringkat ke-194 miliarder terkaya dunia versi Forbes. Hartanya saat ini tercatat mencapai US$ US$ 6,2 miliar.

Terpilih Jadi Perdana Menteri Italia Tiga Kali

Pada 1993, di usianya yang ke-57, Berlusconi memulai karir politiknya dengan mendirikan sebuah partai bernama Forza Italia atau Go Italia. Nama partainya diambil dari nyanyian para pendukung AC Milan kala klub sepakbola tersebut tengah berlaga di lapangan.

Tak butuh waktu lama, setahun kemudian, koalisinya dengan sayap kanan National Alliance dan Northern League mengantarkan Berlusconi ke kursi perdana menteri. Tujuh bulan kemudian koalisi tersebut pecah. Meski demikian, sebagai figur politik, dia masih sangat populer di hadapan masyarakat, khusunya bagi kalangan yang berharap kekayaan dia bisa membantu meningkatkan ekonomi Italia.

Namun pemilihan berikutnya pada 1996, dia harus menyerah pada Romano Prodi yang sempat merebut kursi perdana menteri yang didudukinya selama dua tahun.

Dengan janji-janji indahnya seperti pemotongan pajak dan pertumbuhan pekerjaan, dia memperoleh kembali jabatan perdana menteri pada 2001. Namun dia kembali harus menelan kekalahan saat Prodi memenangkan lagi kursi tersebut pada 2006. Padahal saat itu dia mendeklarasikan dirinya sebagai `The Jesus Christ of Politics`.

Setelah mengganti nama partainya dengan Popolo della Liberta atau Masyarakat yang Bebas, Berlusconi kembali berhasil menduduki jabatan perdana menteri untuk yang ketiga kalinya pada 2008. Dia lalu mengundurkan diri pada 2011 setelah melihat utang Italia membengkak akibat krisis Eropa. Meski demikian Berlusconi masih menjabat sebagai ketua partai.

Hal unik sekaligus tragis yang dialaminya sepanjang menjalani karir politik adalah saat seorang warga memukulnya tepat di wajah hingga berdarah parah. Akibat pemukulan tersebut, dia langsung dilarikan ke rumah sakit dan dua giginya diketahui patah.

Silvio Berlusconi, orang kaya yang penuh skandal

Hidup pria yang sukses sebagai politisi dan pebisnis ini diwarnai banyak skandal. Silvio Berlusconi mempromosikan banyak penari erotis dari program TV-nya untuk menduduki beberapa jabatan di pemerintahan.

Skandal pertamanya dimulai saat pada 2007, dia berkata pada salah seorang gadis tersebut, Mara Carfagna, "Andai saja saya belum menikah, saya akan menikahimu sekarang juga,". Mendengar perkataannya di muka umum, istrinya Veronica Lario langsung mengirimkan surat permintaan maaf pada masyarakat atas sikap urakan suaminya.

Dia juga terlihat berfoto dengan model seksi bernama Noemi Letizia di perayaan ulang tahunnya yang ke-18. Saat itu sang istri langsung melayangkan surat cerai.

Skandal Berlusconi lainnya yang ternama adalah pesta seks `bunga-bunga` yang terkenal. Dalam serangkaian pesta seks tersebut, para wanita muda berpakaian seksi dan menari untuk Berlusconi dan para tamu lainnya. Sementara itu, pebisnis kaya ini mengaku pesta tersebut tak lebih dari sekadar pesta makan malam.

Belum selesai sampai disitu, mantan perdana menteri Italia yang terkenal dengan kehidupan mewah ini dituduh melakukan hubungan seks dengan PSK berusia 17 tahun. Di usianya yang ke-74 tahun tersebut, dia memang terkenal terosebsi untuk berhubungan intim dengan para gadis muda.

Bukan cuma skandal, hidupnya juga diwarnai catatan kriminal

Silvio Berlusconi, pebisnis dengan harta miliaran ini tak hanya terkenal karena berbagai skandalnya tapi juga berbagai tindakan kriminal yang dilakukannya. Di hari-hari pertamanya menjabat sebagai perdana menteri, dia dituduh melakukan penipuan pajak, penggelapan uang dan penyuapan.

Dengan kekuatannya, Berlusconi berhasil menghindari sejumah tuduhan hukum yang dilayangkan padanya. Dia juga berhasil lepas dari sejumlah tuduhan yang terus datang karena posisinya sebagai perdana menteri.

Pada 2009, setelah 20 tahun, Berlusconi diprediksi telah mengikuti 2.500 pengadilan dengan 106 persidangan dan sanksi hukum senilai 200 juta euro. Meski demikian Berlusconi menerima berbagai vonis beberapa kali.

Pada Oktober 2012, dia divonis empat tahun penjara akibat penipuan dana pajak. Sementara itu, baru-baru ini di pertengahan 2013, Berlusconi divonis tujuh tahun penjara setelah membayar gadis di bawah umur untuk melayani nafsu seksnya.

Wanita bernama Karima Ruby el Mahroug tersebut awalnya menolak untuk mengakui perbuatan pria berusia 77 tahun itu. Namun hasil investigasi para penyidik membuktikan kebenaran tindakan memalukan yang dilakukan Berlusconi tersebut.

Kejadian tersebut berlangsung pada 2010, saat Karima hadir dalam pesta seks `bunga-bunga` yang digelar Berlusconi. Pria tua yang kaya raya ini juga dituntut karena berupaya menggunakan gelar perdana menterinya untuk menjebloskan Karima ke penjara dengan tuduhan dirinya memiliki hubungan dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Dia juga tak pernah mengakui seluruh kesalahannya tersebut. Berlusconi bersama seluruh pendukungnya terus berupaya menentang seluruh tuduhan atas dirinya. Namun sepertinya Berlusconi tak akan pernah mendekam di penjara. Usianya yang sudah tua membuat dia memiliki hak untuk mengajukan penahanan rumah saja.

Seperti apa Berlusconi di mata keluarga?

Silvio Berlusconi pertama kali menikah di usia 29 tahun dengan Carla Elvira Dall'Ogli. Pernikahan tersebut berlangsung cepat setelah keduanya bertemu di halte bus. Setelah dikaruniai dua anak dan mengarungi mahligai rumah tangga selama 20 tahun, kedua pasangan tersebut bercerai pada 1985. Dua anak dari pernikahan pertamanya adalah Aria Elvira atau Marina dan Pier Silvio.

Lima tahun kemudian dia menikah dengan Veronica Lario setelah melihat wanita tersebut bermain drama dengan pose setengah telanjang. Pernikahan tersebut hanya bertahan 10 tahun. Veronica memutuskan untuk bercerai usai melihat suaminya berfoto dengan model muda nan seksi Noemi Letizia yang tengah merayakan ulang tahunya. Dari pernikahan tersebut, keduanya memiliki tiga anak yaitu Barbara Berlusconi, Eleonora Berlusconi, dan Luigi Berlusconi.

Veronica mengatakan, mantan suaminya tersebut sangat terobsesi dengan gadis muda dan pesta seks `bunga bunga`. Sementara itu, Letizia mengaku pernah berhubungan seks dengan Berlusconi saat dirinya masih sangat remaja.

Sang anak, Barbara menyetujui perkataan sang ibu. Dia sangat terkagum-kagum melihat cara sang ayah mendekati para gadis muda. (Sis/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.