Sukses

Setelah Akuisisi CMFC, Indofood Lakukan Tender Offer

PT Indofood Sukses Makmur Tbk telah melakukan penawaran tender offer saham China Minzhong Food Corporation (CMFC).

Manajemen PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) telah melakukan penawaran tender offer atas saham China Minzhong Food Corporation Limited (CMFC) pada 21 Oktober 2013.

Penawaran tersebut terkait perseroan mengakuisisi saham yang telah dikeluarkan China Minzhong Food Corporation (CMFC). Demikian mengutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (22/10/2013).

Dalam keterbukaan informasi hari ini, penawaran tender dilakukan oleh Uob Kay Hian Private Limited. Adapun jumlah keseluruhan saham yang telah dimiliki untuk diakuisisi oleh Perseroan dan penerimaan penawaran yang sah secara keseluruhan berjumlah 583.252.517 saham atau mewakiliki sekitar 88,99% dari seluruh saham yang telah diterbitkan.

Sebelumnya perseroan telah mengakuisisi lebih dari 50% saham perusahaan yang bergerak di usaha pengolah makanan dan sayuran China Minzhong Food Corporation Limited senilai $743  juta. China Minzhong Food Corporation Limited mencatatkan saham di Bursa Efek Singapura.

Pada Februari 2013 lalu, perseroan memiliki 33,49%  saham di CMFC.  "Kepastian akuisisi setelah dilakuan penawaran tender pada 2 September 2013 pada harga 1,12 dolar Singapura per lembar saham," ujar Direktur Utama dan CEO PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Anthoni Salim dalam keterangan tertulisnya pada awal September lalu.

Ia mengatakan, Indofood mengakuisisi sebanyak 25,59 juta lembar saham CMFC pada 2 September 2013 atau mewakili sekitar 3,9% dari total saham yang telah dikeluarkan CMFC. Akuisisi saham CMFC dilakukan Indofood melalui pembelian secara langsung di pasar. "Syarat penawaran telah terpenuhi," tutur Anthony. (Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.