Sukses

Ribuan Peserta Berebut Kursi PNS Kemenhub

Kementerian Perhubungan telah menggelar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 22 lokasi di seluruh Indonesia.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menggelar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 22 lokasi di seluruh Indonesia. Tes ini diikuti oleh ribuan peserta untuk berebut mengisi kursi sebanyak 729 orang.

Kegiatan ujian tahap pertama ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Leon Muhamad di Sportmall Kelapa Gading.

Adapun ke 22 lokasi penyelenggaraan tes CPNS Kemenhub, antara lain  Sportmall Kelapa Gading Jakarta, STTD Bekasi, GOR Jakarta Utara, ATKP Surabaya, PIP Semarang, BP2IP Barombong, PIP Makassar, ATKP Medan, Sekolah Pancabudi Medan, BP2IP Malahayati Banda Aceh, BP2IP Sorong, Politeknik Saint Paul Sorong, GOR Kacapuri Tj. Pinang, GOR Patra Pertamina Balikpapan, Terminal Penumpang Pelabuhan Ambon.

Lokasi lainnya, yakni Gedung Pusat Pastoral LK3I Maumere, Aula Bapelkes Palangkaraya, Kantor Bandara Sentani Jayapura, SMU YPK Nabire, Gedung Balai Prajurit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Manado, Kantor Otoritas Bandara Denpasar, dan Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal Muka Kuning Batam.

"Penerimaan CPNS  tahun ini diikuti 19.161 orang yang sudah memenuhi persyaratan untuk mengikuti ujian seleksi masuk di seluruh Indonesia. Sementara jumlah formasi pegawai yang dibutuhkan sebanyak 729 orang," ujar Leon di Jakarta, seperti ditulis Senin (4/11/2013).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan dalam sambutan tertulisnya mengatakan penerimaan pegawai merupakan bagian dari manajemen dan pembinaan PNS dengan prinsip mewujudkan PNS yang profesional, bertanggung jawab, jujur, adil, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

"PNS harus profesional dalam arti menguasai bidang tugas atas dasar keterampilan dan ilmu pengetahuan yang terkait serta bekerja sesuai peraturan perundang-undangan dan nilai-nilai moral," jelasnya.

Mangindaan menambahkan, seleksi CPNS merupakan rangkaian upaya untuk memperoleh PNS berwawasan luas, memiliki kompetensi dan perilaku terpuji. "Jadi para peserta pada hakekatnya sedang berkompetisi, bersaing untuk memperebutkan formasi yang tersedia dalam jumlah sangat terbatas," pungkas dia. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

Video Terkini