Sukses

Buruh Kembali Demo Jokowi soal UMP Hari Ini

Buruh di DKI Jakarta kukuh menuntut pemerintah meluluskan permintaan mereka tentang kenaikan Upah Minimum Provinsi di 2014.

Buruh di DKI Jakarta kukuh menuntut pemerintah meluluskan permintaan mereka tentang kenaikan Upah Minimum Provinsi di 2014 menjadi Rp 3,2 juta, dari yang telah ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebesar Rp 2,4 juta.

Sebagai bentuk desakan kepada pemerintah, buruh akan kembali menggelar aksi demonstrasi kembali pada Rabu (11/6/2013) ini.

Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhamad Rusdi mengungkapkan rencananya para buruh akan berdemo di kantor Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Forum buruh DKI hari ini akan mulai melakukan aksi mereka pukul 10 pagi ini," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Tak cuma hari ini, ungkap Rusdi, demo akan berlangsung selama sepekan. Dengan tuntutan masih seputar kenaikan UMP dan hal lain yang dinilai merupakan hak para buruh.

Tuntutan yang dimaksud seperti pemerintah diminta menjalankan Jaminan kesehatan 1 Januari 2014 tidak bertahap 2019.

Kemudian penghapusan outsourcing termasuk outsourcing BUMN dan mengangkat mereka menjadi pekerja tetap mulai 1 November 2013.

Selain itu, pemerintah diminta mensahkan Rancangan Undang-Undang PRT, penghapusan Undang Undang (UU) Ormas.

Presiden KSPI, Said Iqbal mengaku selain melakukan aksi demo, para buruh  pada Kamis (7/11/2013) esok akan mendatangi Mabes Polri. 

"Ini terkait aksi kekerasan terhadap aksi para buruh oleh premanisme pada akhir pekan lalu," ungkap dia. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini