Sukses

Warren Buffet Beli 40 Juta Saham Exxon Mobil Corp

Warren Buffet membeli 40,1 juta saham di perusahaan minyak terbesar Exxon Mobil Corp.

Warren Buffet melalui Warren Buffet Berkshire Hathaway Inc membeli 40,1 juta saham di perusahaan minyak terbesar Exxon Mobil Corp. Nilai saham itu sekitar US$ 3,45 miliar.

Meski pun investasi itu hanya mewakiliki 0,9% saham Exxon, analis menuturkan, pembelian saham  mencerminkan dukungan yang kuat dari orang terkaya Amerika Serikat itu.

"Ketika Warren Buffet memberikan segel persetujuan untuk setiap perusahaan, itu artinya tidak pernah merupakan hal buruk," tutur Pavel Molchanov, Analis Raymond James and Associates, seperti dikutip dari yahoofinance, Jumat (15/11/2013).

Hal senada dikatakan, Analis Oppenheimer and Co, Fadel Gheit. Menurut Fadel, Warren Buffet menyukai merek global yang mapan dan besar. "Saham Exxon memiliki kualitas baik," kata Fadel.

Saham Exxon menguat 84 sen atau 0,9% ke level US$ 94,06 setelah pengumuman dari otoritas bursa Amerika Serikat mengenai pembelian saham oleh Warren Buffet. Saham Exxon pun ditutup di level US$ 93,22.

Berdasarkan pengumuman otoritas, pembelian saham Exxon oleh Berkshire dilakukan pada kuartal kedua tahun 2013. Dilaporkan, Berkshire memiliki saham Exxon terakhir pada akhir 2011.

Sebelumnya Berkshire telah memiliki bisnis energi dan utilities termasuk MidAmerican, dan telah menghabiskan dana US$ 5,6 miliar untuk beli Nevada utility NV Energy Inc.

Selain itu, Berkshire juga memiliki saham Bank of New York Mellon Corp, DaVita HealthCare Partners, dan saham lain di produsen obat yaitu GlaxoSmithKline Plc. Berkshire juga memiliki lebih dari 80 perusahaan di berbagai bidang seperti asuransi, rel kereta api, dan makanan. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini