Sukses

2 Tahun Sudah Aburizal Bakrie Tak Masuk Daftar Orang Kaya RI

Aburizal Bakrie untuk kedua kalinya gagal menembus daftar 50 orang terkaya versi FORBES ASIA.

Mantan orang paling kaya di Indonesia, Aburizal Bakrie untuk kedua kalinya gagal menembus daftar 50 orang terkaya versi FORBES ASIA. Memang, selama empat tahun beturut-turut, peringkat Bakrie sebagai orang paling kaya di Indonesia terus menurun hingga akhirnya tak berhasil masuk ke dalam daftar Forbes pada 2012 dan 2013.

Seperti dikutip dari Forbes Kamis (21/11/2013) para analis mengatakan, jatuhnya kekayaan keluarga Bakrie dipicu strateginya untuk meningkatkan aset pribadi. Lihat saja bagaimana perusahaan batu bara miliknya, Bumi Resources, berupaya sekuat tenaga memperoleh pinjaman tapi kemudian tak mampu membayar cicilannya saat harga-harga saham ambruk.

Saham Bumi Plc., milik keluarga Bakrie bersama Nathaniel Rothschild yang terdaftar di London sejak 2011 tercatat merosot tajam hingga 70%. Keluarga tersebut justru mengklaim terjadi kesalahpahaman manajemen dengan Rothschild dan mencoba membeli sahamnya kembali.

Menurut penelusuran Forbes, seluruh perusahaan keluarga Bakrie diprediksi mencapai US$ 1 miliar dalam bentuk aset publik. Sementara itu PT Bakrie & Brothers, perusahaan pemegang aset bisnis keluarga Bakrie, tak bisa masuk kembali ke daftar Forbes karena jumlah aset dan utangnya yang masih menuai banyak pertanyaan.

Pendiri Independent Research & Advisory Indonesia Lin Che Wei mengungkapkan, lewat penelitiannya, 10 perusahaan utama Bakrie memiliki utang sebesar US$ 7,84 miliar.

"Nilai asetnya anjlok karena pergerakan harga komoditas. Saat harga-harga naik, mereka menggandakan taruhannya. Namun, sulit bagi mereka untuk menjual sahamnya guna melunasi utang-utangnya karena banyak saham yang diberikan pada peminjam di level holding," ungkap Lin.

Sebelumnya perusahaan keluarga Bakrie berhasil bertahan dari hantaman krisis finansial 1998 dan krisis global pada 2008. Meski begitu, untuk saat ini, sepertinya Bakrie tak lagi mampu bertahan.

Peringkat Aburizal Bakrie dalam 5 tahun terakhir di Forbes Asia:

Tahun 2009 peringkat ke-4
Tahun 2010 peringkat ke-10
Tahun 2011 peringkat ke-30
Tahun 2012 keluar dari daftar peringkat 40 orang kaya RI
Tahun 2013 keluar dari daftar peringkat 50 orang kaya RI 

(Sis/Igw)

Baca Juga:

Daftar Terbaru 50 Orang Kaya Indonesia versi Forbes

10 Wajah Baru di Daftar Orang Terkaya Indonesia 2013

10 Orang Kaya & Terkenal Dunia yang Relakan Asetnya Tersita (I)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini