Sukses

Harga Emas Bakal Berkilau Pekan Ini?

Jika emas berhasil bertahan di atas US$ 1.294 per ounce, maka emas berpotensi meneruskan rebound-nya ke area US$ 1.300-US$ 1.325 per ounce.

Setelah dibuka pada US$ 1.230 per ounce, emas sempat berbalik naik (rebound) ke US$ 1.367 per ounce, namun emas gagal mempertahankan penguatannya dan justru berbalik melemah dan kembali menyentuh US$ 1.220 pada Jumat lalu. Namun kemudian emas berhasil ditutup sedikit naik di US$ 1.238 pada akhir pekan lalu.

"Emas memang terlihat oversold dan berpotensi konsolidatif," jelas analis dari Megagrowth Futures Wahyu Tri Laksono saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (16/12/2013).

Secara teknikal, lanjut Wahyu, proyeksi emas belum berubah di mana emas berpotensi konsolidatif dengan kecenderungan masih mungkin melemah. Kini support terdekat masih berada di US$ 1.210 per ounce.  Support jangka pendek terkuat berada di US$ 1.180 per ounce, di mana potensi rebound kemungkinan besar bisa terjadi.

Menurut Wahyu, emas akan menetralisasikan tekanan bearish jangka pendeknya jika emas berhasil menembus resistance terdekatnya yang berada di US$ 1.268 per ounce. "Resistance berikutnya berada di US$ 1.280 per ounce.  Di antara US$ 1.268-US$ 1.280 emas bisa berpotensi kembali tertekan," papar dia.

Jika emas berhasil bertahan di atas US$ 1.294, imbuh Wahyu, maka emas berpotensi meneruskan rebound ke area US$ 1.300-US$ 1.325. Resistance jangka pendek terkuat berada di US$ 1.362, di mana potensi tekanan melemah atau turun bisa terjadi.

"Pekan ini adalah pekan yang sangat penting bagi emas di mana akan dinanti FOMC meeting (Kamis dini hari) yang akan menentukan soal isu penarikan stimulus moneter Amerika Serikat (AS)," jelas dia.

Jika penarikan stimulus memang dimulai pada rapat tersebut maka emas akan sangat rentan pelemahan. Namun, jika masih ditunda maka emas berpotensi konsolidatif untuk kemudian rebound nantinya. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini