Sukses

Penerbitan Obligasi di 2014 Bisa Tembus Rp 60 Triliun

Pefindo mengaku banyak perusahaan yang menunda menerbitkan obligasi sambil menunggu kondisi ekonomi yang berkembang.

Meski kondisi perekonomian dunia masih diliputi krisis, penerbitan surat utang (obligasi) di Tahun Pemilu 2014 bakal lebih tinggi.
PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan emisi obligasi tahun depan bakal mencapai Rp 60 triliun-70 triliun atau lebih tinggi dari tahun ini sebesar Rp 55 triliun-56 triliun.

"Jadi kami masih optimis di tahun depan, walaupun masih banyak kendala, baik dari ekonomi domestik maupun global," ujar
Direktur PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), Vonny Widjaja ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (16/12/2013).

Pefindo memperkirakan, setidaknya adakan ada beberapa perusahaan yang bakal menerbitkan obligasi dengan total sebesar Rp 15 triliun di kuartal I-2014.

Vonny mengungkapkan, masih banyak perusahaan yang berniat menerbitkan obligasinya di tahun depan. Meski diakui, ada juga korporasi yang memilih menunda penerbitan obligasi karena melihat keadaan global maupun yang ada di domestik seperti Pemilu dan faktor lainnya.

"Mereka menunggu biar ada kepastian yang baik, sehingga rencana penerbitan bisa berjalan baik," tegasnya.(Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.