Sukses

BI Rate Diprediksi Bakal Naik Jadi 8% di 2014

Bank Indonesia kembali menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 50 basis poin menjadi 8% di sepanjang 2014.

PT Bahana TCW Investment Management memprediksi Bank Indonesia (BI) akan kembali menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 50 basis poin (bsp) menjadi 8% di sepanjang 2014.

Chief Economist and Director for Investor Relation Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat mengatakan, kenaikkan BI Rate dilakukan demi menekan defisit transaksi berjalan dan menjaga tingkat inflasi.

"Ketika BI menaikkan kembali BI Rate, maka dampaknya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang kian melambat di kisaran 5,3%," ujar Budi ketika ditemui di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (18/13/2013).

Dampak lain dari kenaikan BI rate yaitu  likuiditas akan semakin ketat sehingga terjadi perebutan dana masyarakat. "BI rate naik, likuiditas akan ketat, maka banyak yang berebut dana masyarakat. Sehingga terjadi peningkatan suku bunga deposito," jelas dia.

Budi juga menjelaskan, defisit neraca transaksi berjalan dan berkurangnya arus modal asing menyebabkan kurs rupiah kemungkinan akan bergerak pada kisaran 11.400 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Pelemahan rupiah berisiko memicu inflasi menjadi 6% atau 50 bps di atas ambang batas BI," tegasnya. (Dis/Ndw)

Baca juga:

BI Rate Naik, Lima Emiten Tunda Penerbitan Obligasi

Rupiah Melemah, Investasi Apa yang Jadi Pertimbangan?

JK: Kenaikan BI Rate Ibarat Malapraktik


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini