Sukses

Hati-hati! Produk Makanan dan Minuman Ilegal Makin Marak

Pengusaha berharap makin banyaknya temuan produk makanan dan minuman ilegal akan menyadarkan pemerintah besarnya aktivitas ilegal tersebut.

Masih banyaknya produk makanan dan minuman impor yang masuk ke Indonesia secara ilegal membuat pelaku industri sektor khawatir. Terlebih lagi produk-produk tersebut belum teruji dari segi kesehatan dan kebersihan.

Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Franky Sibarani meminta masyarakat lebih waspada terhadap peredaran produk ilegal ini yang diperkirakan akan terus meningkat pada tahun depan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peningkatan produk-produk ilegal tahun depan. Masyarakat diimbau untuk lebih teliti sebelum membeli," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Minggu (22/12/2013).

Franky berharap semakin banyaknya temuan produk-produk ilegal akan membuka mata pemerintah soal masih besarnya peredaran produk makanan dan minuman tak resmi tersebut. "Kalau intensitas pengawasannya tinggi maka temuannya meningkat. Tapi apa tindakan selanjutnya?," lanjutnya.

Dia berharap pemerintah dapat mendorong masyarakat agar lebih peduli dan waspada akan peredaran produk-produk ilegal ini. Bahkan jika perlu, pemerintah memberikan semacam penghargaan bagi masyarakat yang mau melaporkan adanya produk-produk ilegal di pasaran.

"Ini menjadi tugas pemerintah, harus mendorong insentif bagi publik yang menemukan produk ilegal dan melaporkannya. Jadi ada mekanisme, misalnya publik melaporkan ada insentifnya, sedang untuk pedagang yang menjual produk ilegal diberikan disinsentif," tandasnya.(Dny/Shd)

Baca Juga:

Usai Mobil Murah Bakal Muncul Makanan Murah

Harga Makanan dan Minuman Bakal Naik Tahun Depan

Penjualan Makanan Minuman Naik 10% saat Libur Akhir Tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.