Sukses

Pertanyaan-pertanyaan Terhadap Hasil Pengumuman CPNS 2013

Hasil tes CPNS diumumkan KemenPAN BR dengan menggandeng Liputan6.com sebagai partnernya. Berikut sejumlah pertanyaan yang masuk ke redaksi.

Pengumuman hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(KemenPAN RB) yang diumumkan secara online hari ini banyak menimbulkan pertanyaan.

Hasil tes CPNS tanggal 24 Desember 2013 ini diumumkan KemenPAN RB dengan menggandeng Liputan6.com sebagai partnernya. Pengumuman tersebut dapat dicek di cpns.liputan6.com.

Berikut ini sejumlah pertanyaan yang masuk ke redaksi terkait dengan hasil pengumuman secara online tersebut, Selasa (24/12/2013):

1. Hasil tes apa yang diumumkan KemenPAN RB hari ini?

Jawaban: Pengumuman serentak CPNS 2013 hari ini adalah untuk hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) bagi pelamar umum yang menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK).

2. Kapan pengumuman untuk Tes Kompetensi Bidang (TKB)?

Jawaban: Di situs cpns.liputan6.com yang diumumkan adalah tes TKD dengan LJK. Hanya nilai TKD saja, apabila ada tahapan selanjutnya seperti TKB dan lain-lain disarankan untuk melihat situs resmi instansi yang dilamar.

3. Kapan pengumuman untuk tenaga honorer kategori II (KII)?

Jawaban: Pengumuman untuk tenaga honorer kategori II akan diumumkan pada minggu keempat Januari 2014.

4. Kenapa ketika dicek di cpns.liputan6.com hasilnya MP namun di koran dinyatakan tidak lulus?

Jawaban: Jika pun dinyatakan Memenuhi Passing Grade (MP), penentu kelulusan tetap di tangan instansi masing-masing berdasarkan kebutuhan instansi terkait yang diurutkan berdasarkan ranking.

5. Setelah mengecek hasil di cpns.liputan6.com, apa langkah selanjutnya?

Jawaban: Jika nama Anda masuk dalam kategori MP (Memenuhi Passing Grade) maka silakan untuk menindaklanjuti informasinya ke intansi yang Anda tuju atau mengecek langsung ke situs intansi terkait.

6. Kenapa pengumuman untuk sejumlah Pemda tidak ditemukan di cpns.liputan6.com?

Jawaban: Ada sejumlah daerah yang meminta Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS mengumumkan lebih dahulu hasil seleksi TKP CPNS, sebelum daerah-daerah itu mengumumkannya. Tapi ada juga yang belum bisa mengumumkannya seperti wilayah Papua yang baru diumumkan Januari 2014.

7. Kenapa hasil CPNS 2013 untuk untuk hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK) diumumkan di liputan6.com?

Jawaban: Pengumuman resmi tetap ada di situs KemenPAN RB (http://www.menpan.go.id/). Liputan6.com adalah satu dari 2 media yang ditunjuk resmi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi untuk mempublikasikan hasil pengumuman CPNS 2013 agar lebih mudah dijangkau masyarakat.

8. Apakah data pengumuman di cpns.liputan6.com bisa dipertanggungjawabkan?

Jawaban: Redaksi Liputan6.com terikat perjanjian kerahasiaan untuk mempublikasikan pengumuman CPNS 2013. Database sangat bisa dipertanggungjawabkan karena bersumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
(Igw)

Baca Juga:

Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com

Hasil Tes CPNS Diumumkan Serentak Hari Ini

Pengumuman CPNS Hari Ini untuk Sistem Lembar Jawaban Komputer

1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

Masih Ada Joki di Tes CPNS 2013

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini