Sukses

Menteri Jepang Berputar di Bandara Soetta, Hatta: Saya Malu

Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Akihiro Ohta berkunjung ke Indonesia.

Kunjungan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Akihiro Ohta ke Indonesia untuk menemui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa membawa cerita menarik.

Bukan saja menyepakati beberapa proyek investasi, tapi juga sekelumit kisah sibuknya lalu lintas di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Usai pertemuan dengan delegasi Jepang, Hatta Rajasa menceritakan pengalaman Ohta mendarat di Bandar Udara Soekarno Hatta, Jakarta. Cerita itu sempat membuat mantan Menteri Perhubungan (Menhub) itu merasa malu.

"Saya agak malu saat mereka menyinggung soal bandara. Dia (Ohta) bilang sewaktu ke sini (Jakarta) satu jam muter-muter terus menunggu. Berarti bandaranya sibuk sekali ya. Lalu saya jawab super sekali," kata dia kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (27/12/2013).

Kondisi ini, tambah Hatta, pernah dialami Pangeran Andrew, Inggris yang menyoroti padatnya lalu lintas Bandara Soekarno Hatta sehingga sering menyebabkan delay (penerbangan pesawat tertunda).

Sebab itu, pemerintah Indonesia dan Jepang menyepakati beberapa proyek infrastrktur yang menjadi prioritas di tahun depan.

Kesepakatan tersebut, sambungnya, akan kembali dilanjutkan dengan diskusi mengenai skema pembiayaan, baik itu melalui kerja sama pemerintah swasta (public privat partnership/PPP) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).   

"Proyek mana yang menggunakan pinjaman (loan) dengan bunga 0,1%, misalnya Mass Rapid Transit (MRT). Didorong jangan hanya sampai Bundaran HI saja karena tidak akan banyak manfaatnya. Harus tuntas sampai Kota, Manggarai, Balaraja lalu koneksi lagi ke monorel dan busway. Jakarta bisa jadi baik," jelasnya.

Di samping itu, kata Hatta, pemerintah ingin terus mendorong skema PPP supaya negara ini tidak terbebani tumpukan utang, misalnya proyek pembangkit listrik dan pembangunan pelabuhan Cilamaya.

"Pokoknya kami prioritas di proyek pengolahan limbah, septitank, power plant, air bersih, jalan kereta cepat dan lainnya. Coba kalau tidak diproses, Jakarta bisa jadi kolam septitank," tandas dia. (Fik/Nrm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Politikus, mantan menteri kabinet Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua PAN, Calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto.
    Politikus, mantan menteri kabinet Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua PAN, Calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto.

    Hatta Rajasa

Video Terkini