Sukses

Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Beratkan Sektor Rumah Tangga

Meski elpiji ukuran 12 killogram (kg) naik mulai 1 Januari 2014, pedagang elpiji mengharapkan tidak menganggu penjualan elpiji.

Langkah PT Pertamina (Persero) untuk menaikkan harga gas elpiji ukuran 12 kg per 1 Januari 2014 diharapkan tidak menganggu tingkat penjualan gas yang masih banyak digunakan untuk rumah tangga atau usaha warung makan.

Hal ini lantaran pada 1 Desember 2013, elpiji ukuran ini telah mengalami kenaikan harga sekitar Rp 8 ribu per tabung.

"Ya mudah-mudahan, kalau memang naik hari ini, tidak ganggu penjualan, soalnya kan kemarin sudah naik Rp 8 ribu," ujar Krisnadi, pemilik agen gas elpiji CV. Adil Semesta Alam dikawasan Mampang, Jakarta Selatan saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (1/1/2014).

Dia mengatakan, saat harga elpiji 12 kg dinaikan pada awal Desember lalu, banyak langganannya yang mengeluhkan kenaikan tersebut, terutama pelanggan dari sektor rumah tangga.

"Ya ada ngeluh, ada yang sudah mengerti kalau ini naik. Yang ngeluh dan kaget itu kebanyakan dari pembeli rumahan, kalau yang restoran atau rumah makan mereka rata-rata sudah mengerti kalau gas ini memang harus naik. Tetapi sejauh ini penjualan sejauh ini masih normal," kata Krisnadi.

Dirinya juga berharap dengan kenaikan harga ini konsumsi gas elpiji masyarakat tidak berpindah elpiji 12 kg ke elpiji 3 kg.  "Memang ada kekhawatiran itu, terutama yang pelanggan rumahan. Tapi kalau dilihat dari kenaikan kemarin sih tidak ada yang seperti itu. Tidak tahu ini kalau naik lagi," tutur Krisnadi.

Dalam sehari, Krisnadi mengaku biasa menjual elpiji 12 kg sebanyak 15-20 tabung dan lebih dari 30 tabung untuk elpiji 3 kg.

"Kalau di sini pembeli yang rumahan lumayan banyak, tetapi kan tidak tiap hari. Yang paling sering itu yang buka usaha makan, karena mereka butuh tiap hari," kata Krisnadi.

Dengan kenaikan harga ini, Krisnadi juga berharap Pertamina bisa menjaga pasokan elpiji agar tetap stabil sehingga tidak terjadi kelangkaan yang membuat harga semakin tinggi.

"Seperti kalau yang elpiji 3 kg saja itu sering langka. Agen besar janjinya bisa suplai 150 tabung gas tiap hari, tapi kadang cuma kirim 100 tabung 3 hari sekali. Apalagi kalau libur panjang atau hari raya, itu sering langka," ujar Krisnadi. (Dny/Ahm)

Baca Juga:

Harga Elpiji 12 Kg Naik Mulai Hari Ini

Harga Elpiji 12 kg Naik, Apa Alasan Pertamina?

Harga Elpiji 12 Kg Naik, Agen Penjual Justru Belum Tahu



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini