Sukses

Jakarta Makin Banyak Disambangi Wisatawan

Kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang 2013 tercatat meningkat 7,88% dibandingkan setahun sebelumnya.

Sepanjang tahun 2013, jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke DKI Jakarta meningkat signifikan. Peningkatan kunjungan pelancong ini tak terlepas dari banyaknya festival yang digelar di ibukota sepanjang 2013.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Arie Budiman mengatakan, setidaknya terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) sebesar 7,88% dan 9,8% untuk wisatawan domestik.

"Kami bersyukur 2013 kunjungan wisatawan meningkat dibandingkan tahun 2012," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Rabu (1/1/2014).

Membludaknya sejumlah festival yang berlangsung di Jakarta, lanjut Arie, diharapkan bisa mengangkat nama Jakarta sebagai pusat seni dan budaya di Indonesia. Predikat ini diharapkan membuat jumlah kunjungan wisatawan akan kembali meningkat pada 2014.

"Semua acara seni dan budaya akan terus kami lakukan, karena ini merupakan bagian dari city branded, bagaimana Jakarta mempromosikan dirinya di kawasan regional Asia Tenggara maupun Asia," lanjutnya.

Terkait target event di 2014, Arie mengungkapkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus mengadakan sejumlah festival baik yang berskala internasional maupun nasional yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

"Saya kira beberapa kalender of event, acara-acara reguler yang juga berskala internasional tentu akan terus kita selenggarakan. JNF sudah pasti, baik malam tahun baru maupun ulang tahun Jakarta. Kemudian juga Jakarnaval, Jakarta Marathon, Jakarta Great Sale, Jakarta Night Performing Art misalnya," jelasnya.

Sepanjang tahun 2013, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta tercatat telah mengadakan festival sebanyak 260 kegiatan dengan menghabiskan dana APBD hingga Rp 46 Miliar.

Seringnya gelaran festival rutin di Jakarta, dinilai cukup efektif mengangkat pamor ibukota Jakarta di dunia internasional.

"Tiada hari tanpa festival, dan Jakarta memang harus terus dimeriahkan dengan festival-festival, sehingga ini akan meningkatkan daya tarik Jakarta. Tentu saja akan lebih banyak lagi wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara yang datang ke Jakarta," tandas Arie.

Baca Juga

Kunjungan Turis Asing Bakal Lampaui Target

770 Ribu Pelancong Berlibur di Indonesia

Ajang Internasional Kerek Kunjungan Wisman & Devisa RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini