Sukses

Sumbang Rp 12 Triliun, Bos Facebook Jadi Orang Paling Dermawan

Pendiri Facebook Mark Zukerberg sukses mencatatkan namanya sebagai orang yang paling dermawan di AS usai memberikan sumbangan US$ 990 juta.

Pendiri perusahaan jejaring sosial Facebook Mark Zukerberg sukses mencatatkan namanya sebagai orang yang paling dermawan di Amerika Serikat (AS) setelah memberikan sumbangan terbesar senilai hampir US$ 1 miliar. Sumbangan tersebut disumbangkan melalui Sillicon Valley Community Foundation.

Seperti dikutip dari CNBC, Kamis (2/1/2014), perusahaan penyalur donasi, Chronicle of Philanthropy, Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, menyumbangkan 18 juta saham Facebook senilai US$ 990 juta atau setara Rp 12 triliun pada Desember (kurs: Rp 12.243 per dolar AS). Jumlah tersebut setara dengan hampir 30% dari total sumbangan warga AS sepanjang tahun lalu sebesar  US$ 3,5 miliar.

Donasi tersebut ditujukan untuk membantu kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi perusahaannya. Aksi tersebut juga membuat Zuckerberg menjadi dermawan pertama berusia di bawah 30 tahun yang memberikan sumbangan dalam jumlah terbesar di AS.

Pada 2013, 14 penduduk AS bahkan berhasil mengumpulkan dana sumbangan hingga lebih dari US$ 100 juta termasuk Michael Bloomberg dan David Koch. Chronicle of Philantropy menyusun peringkat orang paling dermawan di AS dengan membandingkan sumbangan 11 dermawan dengan donasi lebih dari US$ 100 juta.

Editor Chronicle Stacy Palmer mengatakan, tingginya jumlah donasi yang diberikan juga menandakan adanya pemulihan ekonomi dan pasar saham di AS. Kondisi tersebut membuatnya yakin akan semakin banyak penduduk AS yang mau mengulurkan tangannya dan berbagi kasih pada 2014.

"Saya rasa ini merupakan tanda yang baik. Saya melihat banyak lembaga atau perusahaan yang memperoleh keuntungan besar di akhir tahun. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang penuh perjuangan," ungkap Palmer.

Meski demikian, jumlah sumbangan yang diberikan warga AS belum sama besarnya dengan level donasi sebelum masa resesi di 2007. Saat itu jumlah sumbangan mencapai US$ 4,1 miliar.

Zuckerberg yang masih sangat muda untuk nilai sumbangan sebesar itu juga tercatat mendonasikan banyak hartanya hingga US$ 500 juta pada 2012.

"Salah satu hal yang menarik dari kado tahun baru Zuckerberg adalah dia tidak menyumbangkan atas nama yayasannya sendiri seperti Gates atau Rockefeller," tuturnya. (Sis/Ndw)

Baca juga:

10 Negara Paling Dermawan di Dunia

10 Miliarder Dermawan AS yang Rela Terkuras Triliunan Rupiah

Miliarder Wanita Janji Hibahkan Setengah Kekayaan Miliknya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.