Sukses

Uji Coba Bandara Halim, Kemenhub Masih Tunggu Kesiapan Maskapai

Kementerian Perhubungan akan melakukan evaluasi terakhir terhadap Bandara Halim Perdana Kusuma untuk penerbangan komersial.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menunggu kesiapan maskapai penerbangan untuk memanfaatkan kembali penerbangan komersial di Bandara Halim Perdana  Kusuma, Jakarta.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti mengatakan, pihaknya akan  melakukan evaluasi terakhir kesiapan Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Hari ini ada rencana kami evaluasi terakhirlah," kata Herry, di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (3/1/2013).

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga memastikan kesiapan maskapai penerbangan. Hal itu karena, PT Angkasa Pura II (Persero) telah mengusulkan pengaktifan bandara tersebut pada 10 Januari 2014 nanti.

"Minimal seluruh stakeholder bagaimana kesiapannya dari sisi bandara airlines ya sendiri mesti kami cek kepastian karena saya sendiri yang diusulkan dari Angkasa Pura kan tanggal 10," ujar Herry.

Menurut Herry, saat mengaktifkan kembali Bandara Halim Perdana Kusuma untuk penerbangan komersial, maskapai penerbangan harus memindahkan sebagian operasi dan juga sarana pendukungnya.

"Tapi kami lihat kesiapannya karena yang namanya operasi itu berkaitan dengan kesiapan airlinesnya sendiri dia kan harus memindahkan sebagian operasinya, juga pendukungnya juga Ground handling maupun pesawat lainnya," kata Herry.

Herry mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pihak maskapai penerbangan untuk memastikan kesiapan tersebut.

"Jadi itu kami lihat dan cek posisi terakhir, dengar dari mereka langsung juga, kami undang mereka untuk apakah mereka siap tanggal 10 atau kapan. Mungkin tiap airlines beda-beda. Bandara siap tapi mungkin airlines beda. Saya dengar informasi katanya Garuda ingin juga tapi siap tidak Februari misalnya," pungkas Herry. (Pew/Ahm)

Baca Juga:

Uji Coba Bandara Halim, 2 Pesawat Diterbangkan Mulai 10 Januari

Hotel Rp 61 Miliar Siap Sokong Bandara Halim

Bandara Halim Komersil, Jokowi: Macet? Ndak Juga



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini